Suka Artikel Ini

Apple Beli 100 Hektar Tanah Untuk Bangun Fasilitas Tenaga Surya Baru

Apple kembali menginvestasikan dana dalam jumlah besar untuk membangun fasilitas tenaga surya baru di suatu wilayah di Claremont. Dikutip dari Appleinsider, Senin (7/7/2014) bahwa Apple telah mencapai kata sepakat dengan pemerintah daerah Claremont untuk memberikan kepemilikan atas 100 hektar tanah ke Apple.
 

Menurut sumber tersebut, Apple berencana membangun fasilitas tenaga surya baru berkapasitas 17,5 megawatt dengan estimasi dana mencapai US$55 juta. Apple hanya diperbolehkan menggunakan 100 hektar dan diwajibkan menciptakan lapangan pekerjaan minimal 75 posisi bagi penduduk lokal. Untuk mendapatkan tanah seluas itu, Apple harus membayar US$1,4 juta kepada pemerintah setempat. Namun selain bentuk uang, Apple juga memberikan secara cuma-cuma ruang terbuka hijau, ruang rekreasi dan juga ruang publik yang dapat digunakan secara gratis oleh penduduk lokal. 

Kabarnya nilai dana yang dihabiskan untuk membangun fasilitas publik tersebut berkisar $96,000. Setelah proses perizinan diselesaikan, Apple akan langsung memulai pembangunan fasilitas tersebut yang diperkirakan membutuhkan waktu penyelesaian hingga 5 tahun.

Fasilitas di Claremont ini akan menjadi yang ketiga yang berada di kawasan pusat data iCloud Maiden. Di fasilitas ini Apple mampu menciptakan tenaga listri hingga 20 megawatt. Di tahun 2012 silam, Apple juga membeli 200 hektar tanah di kawasan Conover yang juga mampu menghasilkan tenaga hingga 20 megawatt.

Sumber : JerukNipis.Com