Suka Artikel Ini

Survei: Hanya Sedikit Orang yang Ingin Apple iWatch Dibanderol dengan Harga Mahal

Meskipun dibanderol sedikit lebih mahal dibandingan smartwatch lainnya, ternyata tidak membuat para fanboy Apple urung membeli iWatch. Hal ini terungkap dalam survei yang dilakukan Piper Jaffray, sebuah perusahaan sekuritas di Amerika Serikat. 



Survei tersebut mengatakan bahwa sebanyak 14% memilih untuk membeli Apple iWatch yang dibanderol dengan harga US$ 350 atau sekitar Rp 4,2 juta. Pada survei berbasis polling sebelumnya, sebanyak 12% koresponden mengatakan bahwa mereka memilih untuk membeli Apple iWatch dengan harga yang sama. 

Para remaja menunjukan minat lebih untuk membeli iWatch, hal ini terlihat sebanyak 17% koresponden remaja mengatakan bahwa mereka rela mengeluarkan uang sebanyak US$ 350 untuk mendapatkan perangkat ini. Belakangan, rumor yang beredar mengatakan bahwa perangkat ini akan dijual dengan harga kisaran US$ 250 sampai US$ 350.

Kenapa iWatch begitu menarik minat para fanboy, hal ini tak lain karena perangkat ini dikabarkan bakal memiliki beberapa sensor yang berfungsi untuk mendeteksi kesehatan pengguna seperti tekanan darah, detak jantung, hingga tingkat glukosa dalam darah. Analisa yang didapatkan lewat perangkat ini akan dikirimkan langsung pada iPhone atau iPad melalui aplikasi kesehatan yang ada pada iOS 8, yang dimana hasil-hasil tersebut bisa dianalisis dan disimpan. 

Polling yang dilakukan oleh Piper Jaffray mengungkapkan bahwa 18% dari mereka sudah memiliki fitness band sendiri, dengan setengah dari mereka sudah memiliki alat yang dirilis oleh FitBit. Kemudian sebanyak 56% dari mereka yang sudah memiliki fitness band selalu menggunakan alat tersebut setiap hari dan 18% dari mereka yang belum memiliki fitness band, berencana akan membelinya tahun depan.

Semakin lama Apple menunggu untuk merilis Apple iWatch, semakin banyak kompetitor yang bermunculan. Pebble yang bermula dari proyek Kickstarter-nya, sekarang sukses dengan pengembangan smartwatch nya. Samsung, LG dan Motorola pun sudah berhasil mengembangkan smartwatch masing-masing.

Bulan lalu, Piper Jaffra mensurvey 100 koresponden di North America untuk polling smartwatch. Umur rata-rata koresponden ya adalah 32 tahun, dengan pendapatan rata-rata berkisar US$ 130 ribu atau sekitar Rp 1,5 miliar per tahun. 

Sumber : JerukNipis.Com