Suka Artikel Ini

Samsung Undang Google Sebagai Saksi Melawan Apple

Pertarungan antara Samsung dan Apple di meja hijau pada akhirnya harus melibatkan Google sebagai pihak pembuat software. Hal ini diawali oleh bantahan Samsung yang mengatakan bahwa semua program yang telah melanggar hak paten Apple dibuat oleh Google langsung. Menanggapi hal tersebut, Google pun hadir di dalam perseteruan ini.



Wakil Presiden Google Android Hiroshi Lockheimer di dalam persidangan, mencoba untuk menjelaskan beragam hal seputar software yang dibuat di dalam perusahaannya. Ia mengatakan bahwa para developer dan engineer Android berupaya untuk membuat sebuah software yang sangat berbeda dari Apple iOS.

“Kami sangat ingin memiliki identitas tersendiri; kami juga ingin mempunyai ide-ide tersendiri,” ucap Lockheimer, seperti yang dikutip dari JerukNipis, Senin (14/4/2014). “Kami sangat fokus atas apa yang kami lakukan. Sangat penting bagi kami untuk memiliki ide-ide yang keluar dari kepala kami sendiri.”

Lockheimer sendiri merupakan saksi pertama yang diminta Samsung untuk membela dirinya. Sebelumnya, Apple telah menuding Samsung meniru desain-desain software iPhone dan iPad. Menjawab tudingan tersebut Samsung mengatakan bahwa Google telah mendesain program-program tersebut terlebih dahulu.

Apple sendiri mengklaim bahwa Samsung berutang sekitar US$ 2,191 miliar, sekitar Rp 25,07 triliun, atas pelanggaran hak cipta tersebut. Hingga saat ini, hakim Lucy Koh yang memimpin persidangan tersebut masih belum memutuskan apa pun.