Suka Artikel Ini

Nokia: 9 Persen Aplikasi Android Mengandung Malware

Sebagai salah satu perusahaan yang kini terjun di Android, Nokia pun mulai mengungkapkan sedikit fakta terkait platform milik Google tersebut. Mereka pun mengatakan bahwa setidaknya 9 persen aplikasi Android yang tersebar di berbagai toko aplikasi mengandung malware.


Pernyataan tersebut diungkapkan oleh VP Developer Relations Nokia, Amit Patel kepada INQUIRER. Patel mengatakan bahwa sebelum meluncurkan tiga smartphone Android pertamanya, Nokia telah melakukan pengujian terhadap 100 ribu aplikasi Android.

Semua aplikasi tersebut didapatkan dari berbagai toko aplikasi Android, bukan hanya Google Play. Total sebanyak 100 ribu aplikasi telah mereka uji. Hasilnya, sebanyak 9 persen atau sekitar ribu aplikasi Android ternyata mengandung virus.

Patel pun menjelaskan kalau sistem toko aplikasi Android Nokia akan berbeda dengan Google Play. Mereka akan melakukan moderasi awal, di mana sebuah aplikasi akan diperiksa apakah legal dan tak melanggar hak cipta. Selain itu, aplikasi tersebut juga harus memiliki kualitas.

Patel pun mengklaim kalau saat ini telah ada ratusan ribu aplikasi Android yang telah tersedia untuk Nokia X. Namun dia tak menyebutkan angka secara pasti. Sebelumnya, Nokia telah mengungkapkan kalau 75 persen aplikasi Android kompatibel dengan Nokia X.