Suka Artikel Ini

Pendapatan Aplikasi Android Unggul Jauh Atas Apple

Sebuah penelitian dari ABI Research menyebutkan bahwa pendapatan dari aplikasi mobile smartphone Android diperkirakan akan mencapai US$6,8 miliar pada akhir tahun 2013. Angka tersebut hampir dua kali lipat dari pendapatan tahun sebelumnya. Kecenderungan tahun ini, pasar smartphone bakal bersaing memburu berbagai aplikasi Android ketimbang platform lainnya. 

Menurut data terbaru yang dirilis ABI Research, pendapatan aplikasi smartphone Android akan meningkat dari 59,1% menjadi 65,9% lebih besar bila dibandingkan dengan pendapatan aplikasi iOS Apple



Josh Banjir, analis senior di ABI Research mengatakan, dalam keuntungan margin atau laba bersih, iOS Apple memang masih memimpin dibandingkan dengan semua yang diperoleh sistem operasi mobile lainnya. Namun dalam hal pendapatan, Android masih memegang posisi sebagai yang terbesar dibandingkan dengan yang lainnya. Selain itu, jumlah pengguna Android masih lebih unggul ketimbang iOS. 

Kunci keberhasilan pendapatan aplikasi Android terletak pada penyematan iklan pada aplikasi itu sendiri. Iklan digital Android yang terutama berdasarkan mesin pencari Google Analytics ini membuat Android jauh mengungguli Apple. Selain itu, kesediaan Android guna menambahkan sistem tagihan operator ke transaksi pembelian aplikasi, dapat pula menjadi faktor yang menentukan dalam melawan sistem pembayaran yang digunakan iOS melalui metode kartu kredit atau debet. Pembelian aplikasi melalui operator seluler ini secara signifikan terbukti jauh lebih sukses ketimbang membayar dengan kartu debet ataupun kredit.