Suka Artikel Ini

Game FIFA 14 : Maksimalkan Grafis, Permainan Lebih hidup

Game besutan EA Sport ini menghadirkan pengalaman bermain simulasi sepak bola yang berbeda jika dibandingkan dengan kompetitornya yaitu PES 2014. FIFA 14 sendiri bukan hanya dirilis pada platform Xbox 360, Playstation 3, dan PC. Namun hadir pula pada perangkat mobile seperti Android dan iOS

Penampilan para pemain dari segi grafis terlihat lebih natural dan hampir menyerupai aslinya. Peningkatan tampilan grafis sangat terlihat pada FIFA 14 ini, dimana setiap pemain terdapat pada FIFA 14 telah dibuat menyerupai aslinya. Selain itu, pergerakan dan pola permainan juga telah mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan. 

Di tampilan menu FIFA 14, pemain akan disuguhkan tampilan antarmuka yang menyerupai tampilan desktop menu dari Windows 8. Terdapat beberapa pilihan menu yang menarik pada tampilan menu utama diantaranya adalah Ultimate Team yang identik dengan pemain legendaris, serta mode permainan karir yang telah diberikan beberapa fitur baru didalamnya. 


Pada saat memainkan game ini, terlihat perubahan grafis yang sangat berbeda dengan tampilan pemain pada FIFA 13 yang telah hadir tahun lalu. Dari penampilan pemain, bentuk tubuh serta sepatu pemain turut disesuaikan dengan pemain sepakbola aslinya sehingga memberikan pengalaman bermain simulasi sepakbola yang berbeda. 

Bagi yang tidak terbiasa bermain FIFA 14 mungkin akan mengalami kesulitan pada kontroler yang terdapat pada FIFA 14, karena agak berbeda dengan kontroler PES 2014. Namun kesulitan tersebut dapat diatasi dengan mengubah tombol kontroler yang sesuai dengan yang dikehendaki. 

Peningkatan drible dan penembakan bola juga terlihat jelas, dimana pergerakan dribling lebih presisi yang bebas dan ekspresif dari sebelumnya. Pada saat menembakkan bola juga terdapat perbedaan yang menonjol, karena EA menyematkan fitur yang disebut Pure Shot, kemampuan dimana pemain bisa menempatkan posisi dan sudut saat menembak, termasuk keseimbangan saat di depan gawang, dan ketika ingin menembak. Pada saat menendang bola penalti, pemain diharuskan mempresisikan kursor yang berjalan untuk berhenti di tengah, hal tersebut dilakukan agar terjadinya keakuratan pada saat menendang bola. 

Peningkatan juga terjadi pada pergerakan bola, sehingga membuat bola tidak lagi langsung menempel pada kaki pemain, namun bola dapat bergerak dengan bebas dan memantul layaknya bola asli. Pergerakan bola juga sulit ditebak sehingg pada saat membagi atau menendang bola membutuhkan keahlian untuk mengarahkannya sesuai dengan keinginan. Ada satu hal yang nuik dari FIFA 14 ini, pemain dapat membuat selebrasi gol sendiri dengan menekan tombol kombinasi yang berbeda pada setiap gaya selebrasi. 

Overall pada gameplay FIFA 14 ini telah mendapatkan perubahan yang cukup dalam dan radikal, entah itu model pemain, stadion,  penonton, penampilan baik sebelum maupun sesudah pertandingan. Selamat mencoba.