Suka Artikel Ini

Fakta Sony Xperia Z Ultra

Perangkat mobile dengan ukaran lebih besar dari smartphone belakangan makin sering muncul. Setelah tablet sebelumnya sudah dikenal di kalangan masyarakat pecinta gadget kali ini muncul lagi gadget dengan terminologi kategori phablet.  

Sebutan phablet diberikan pada gadget dengan layar berukuran antara 5 hingga 8 inci. Dan salah satu gadget yang masuk dalam kategori phablet adalah Sony Xperia Z Ultra. Sony Xperia Z Ultra adalah gadget yang sarat dengan berbagai kecanggihan teknologi. Mulai dari rancangan luar hingga sistem di dalamnya hampir semuanya masuk dalam kategori canggih dan terbaru. Berikut beberapa fakta seputar kecanggihan Sony Xperia Z Ultra yang perlu Anda ketahui.

Sony Xperia Z Ultra 


Smartphone Full HD Tertipis di Dunia

Untuk kualitas tampilan layar, Sony sebelumnya mengandalkan teknologi Bravia untuk bersaing dengan Apple (Retina) dan Samsung (Super AMOLED). Kini dengan Xperia Z Ultra, Sony mengandalkan layar Trilumionous Display yang jauh lebih unggul dibanding para pesaingnya tersebut.

Teknologi ini menggunakan Nanocrystal (titik-titik kuantum) yang memancarkan cahaya secara tepat dengan panjang gelombang yang pas. Warna hasil teknologi ini terasa jadi lebih nyata. Begitu pula tingkat kontras dan kecerahannya jadi lebih memukau.

Kolaborasi dengan prosesor imej X-Reality yang bertugas meningkatkan kontras, saturasi, serta  mengurangi noise, menghasilkan tampilan foto dan tayangan video full HD mendekati HD TV. Padahal fasilitas canggih ini dihasilkan hanya dari sebuah gadget yang tebalnya mirip dengan majalah. Sangat mengagumkan.

Smartphone Bersertifikasi IP Tertipis di Dunia

Sertifikasi IP (International Protection Rating) adalah bukti bahwa sebuah gadget memiliki salah satu kemampuan untuk terproteksi dari air, terproteksi dari debu, atau tahan terhadap benturan. Pada Xperia Z Ultra, ssertifikasi yang diraih tidak hanya satu, melainkan dua sekaligus.

Sony Xperia Z Ultra 


Pertama adalah IP 55. Sertifikasi ini menunjukkan tingkat proteksi debu nyaris sempurna. Walaupun masih ada celah di beberapa bagian casing yang memungkinkan debu menyelinap masuk, namun tidak sampai mengganggu kinerja gadget. Lalu sertifikasi kedua yang berhasil diraih adalah IP 58. Sertifikasi ini menunjukkan Xperia Z Ultra tahan terhadap air (Anti-Air) meski disemprot dengan air bertekanan sedang dan bisa dibawa masuk ke dalam air hingga kedalaman 1,5 meter.

Kedua sertifikasi ini sekaligus membuktikan kehebatan konstruksi dan daya tahan Xperia Z Ultra meski berbodi tipis.

Smartphone Pertama Menggunakan Pulpen atau Pensil

Harus diakui kualitas material layar gadget ini sangat baik. Terasa sangat solid dan dan kuat saat dipegang dan disentuh. Keunggulan yang membuat fitur baru dapat diaplikasikan pada layar ini, yaitu untuk menulis, menggambar, hingga sekedar membuat coretan sketsa dengan alat tulis manual berupa pulpen ataupun pensil.

Aplikasi fitur ini adalah terobosan baru gadget mobile. Alat-alat tulis manual yang nyaris jarang disentuh jika sudah berhadapan dengan gadget, kini memiliki peran yang sama. Dengan mengibaratkan permukaan layar Xperia Z Ultra sebagai selembar kertas, pengguna bisa memakai pulpen atau pensil jenis apapun untuk mengisinya.

Teknologi di bawah permukaan layar yang sangat responsif menjadikan penggunaannya kompatibel dengan pulpen atau pensil. Gores atau baret tidak akan terjadi karena layar Xperia Z Ultra terbuat dari kaca (tempered glass) dengan lapisan pelindung anti-remuk (shutter-proof) dan anti-gore (scratch-resistant).

Smartphone Pertama Dengan Prosesor Qualcomm Snapdragon 800 Quad-Core

Hasil benchmark beberapa media seluler rata-rata memberikan nilai sangat tinggi untuk performa Xperia Z Ultra, bahkan agak jauh mengungguli beberapa pesaing terdekatnya. Komponen yang bertanggung jawab dan memiliki peranan penting adalah prosesor quad-core terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 800.

Keistimewaan prosesor ini adalah rancangan asynchronous. Rancangan ini memberikan daya pada masing-masing CPU (core) secara independen. Dengan demikian konsumsi daya menjadi lebih efisien. Rancangan ini vital agar konsumsi baterai tidak boros berlebihan karena kecepatan prosesor ditingkatkan hingga 75 persen dari prosesor generasi sebelumnya.

Sony Xperia Z Ultra 


Keuntungan besar jelas diperoleh pengguna Xperia Z Ultra. Lebih banyak aplikasi yang dapat dijalankan sekaligus secara simultan, jelajah internet jadi lebih cepat karena waktu loading situs lebih singkat, serta streaming video tanpa hambatan. Semua itu lantaran Xperia Z Ultra menggunakan the world fastest smartphone processor saat ini.

Berikut Spesifikasi Lengkap Sony Xperia Z Ultra

Jaringan
(2G) GSM 850/900/1800/1900, (3G) HSDPA 850/900/1700/1900/2100, (4G) LTE 800/850/900/1800/1900/2100/2600
SIM
Micro SIM
Dimensi
179,4 x 92,2 x 6,5 mm
Berat
212 gram
Layar
6,4 inci, LCD Capacitive touchscreen 16 M colours, 1080 x 1920 piksel
Memori Eksternal
microSD (up to 64 GB)
Memori Internal
16 GB, 2 GB RAM
Konekstivitas
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.0 (A2DP), NFC, microUSB v2.0
Kamerat Utama
8 MP, 3264 x 2448 piksel
Kamera Depan
2 MP
Sistem Operasi
Android OS v4.2 Jelly Bean
Prosesor
Quad-Core 2.2 GHz Krait 400
Prosesor Grafis
Adreno 330
Browser
HTML5
Radio
Stereo FM Radio (+RDS)
Fitur
Java MIDP Emulator, GPS (A-GPS support & GLONASS), sensor accelerometer, gyro, proximity, compass, audio/video player, SMS, MMS, Email, IM, Push Email, Document viewer, SNS Integration, Photo viewer/editor, Voice memo/dial, Loudspeaker, 3,5 mm audio jack, TV-out (MHL A/V link), Predictive text input
Baterai
Li-ion 3050 mAh battery
Waktu Siaga
790 jam (2G) / 820 jam (3G)  
Waktu Bicara
14 jam (2G) / 16 jam (3G)
Pemutar musik
120 jam
Harga
Rp 7.499.000

Keunggulan Sony Xperia Z Ultra
  •  Desain solid dengan kontruksi kokoh
  • Teknologi layar Triluminous lebih baik dari layar Retina dan Super AMOLED
  • Anti-air hingga kedalaman 1,5 meter dan semburan bertekanan 30 kPa
  • Dapat menulis teks atau menggambar sketsa dengan pulpen atau pensil
  • Prosesor Qualcomm terbaru dengan performa 75 persen lebih cepat

Kekurangan Sony Xperia Z Ultra
  • Dimensi smartphone terkesan besar daripada ukuran phablet
  • Ukuran ponsel yang terlalu besar dan lebar sangat menyulitkan penyimpanan di saku celana dan kemeja
  • Fitur kamera tidak dilengkapi dengan LED Flash
  • Slot micro SIM agak sulit diakses
  • Namun secara keseluruhan performa yang ditampilkan Xperia Z Ultra sangat mengagumkan dan sangat direkomendasikan bagi Anda yang mempunyai budget lebih  untuk memilikinya demi mendukung aktivitas dan rutinitas padat yang dihadapi sehari-hari.