Suka Artikel Ini

Spesifikasi BlackBerry Q5

Saat memproduksi sebuah barang khususnya ponsel, sebuah brand pastinya memperhitungkan apakan ponsel ini akan menjadi ‘pahlawan’ dengan menarik seluruh perhatian dan kepercayaan kepada perusahaan atau menjadi produk penyelamat yang hanya fokus untuk meraup keuntungan. Walau sedikit enggan untuk mengategorikan BlackBerry Q5 pada yang kedua, namun hal ini memang benar adanya. Tampil sebagai anggota terbaru dari keluarga B10, Q5 jauh lebih terjangkau dari anggota BB10 lainnya bahkan dengan Q10

Dari segi tampilan Q5 cukup menyerupai Q10 namun dengan cita rasa seri BlackBerry Curve yakni bodi plastik yang membuat ponsel ini terlihat seperti ponsel China. Berbanding terbalik dengan keyboard QWERTY yang ada pada seri Q10 yang rata dan saling berdekatan satu sama lain, keyboard Q5 lebih bulat dan jarak yang lebih lebar. Walau begitu, keyboard Q5 cukup nyaman untuk digunakan saat mengetik dengan cepat. Hal ini merupakan daya tarik tersendiri bagi pengguna BB lama yang ingin beralih ke Q5.

BlackBerry Q5


Untuk layar, seri ini menggunakan layar 1:1 (720x720 piksel) sama halnya seperti Q10 dan memiliki kualitas yang sama juga. Bedanya, Q5 menggunakan teknologi layar LCD sedangkan Q10 menggunakan Super AMOLED. Tampilan warna pada layar terlihat cukup baik, hanya saja sudut pandanga yang kurang memuaskan jika dilihat dari samping. Walau begitu layar ponsel cukup responsef saat digunakan untuk bernavigasi menu. 

Q5 tampil dengan layar LCD berukuran 3.1 inci dengan kapasitas RAM 2GB dan memori internal sebesar 8GB. Menggunakan sistem operasi terbaru yaitu BlackBerry 10, Q5 juga menampilkan fitur unggulan yang sama dengan seri Q10 dan Z10 yaitu BlackBerry Hub. Bagi Anda yang belum tahu BlackBerry Hub itu apa, ini merupakan sebuah inbox yang berisi seluruh pesan dan notifikasi mulai dari SMS, email, BBM, Facebook, Twitter, Forsquare, dan LinkedIn yang sudah terpasang dalam ponsel. 

Untuk akses ke BlackBerry Hub ini juga sangat mudah, tinggal sapu layar dari kiri ke kanan di halaman utama, atau sapu dari bawah layar ke atas untuk melihat ikon notifikasi di kiri (dikenal dengan Peek) dank e kanan untuk akses ke BlackBerry Hub. Satu lagi keunggulan menggunakan BB10 adalah Instant Action. Cukup dengan mengetikkan "Email Eja", "BBM Aaron" atau SMS Dhanny maka Q5 pun langsung menampilkan kontak tersebut dan pilih alamat email atau nomor telepon yang dituju. 

Kemudahan untuk update status di Facebook atau Twitter juga menjadi nilai lebih dari seri ini. Cukup dengan mengetikkan "Facebook" atau "Twitter" dilanjutkan dengan mengetikkan status otomatis Q5 akan langsung mengenali aplikasi mana yang dimaksud dan langsung mengupdate status Anda. Fitur ini cukup berguna bagi para social butterly atau anak-anak muda yang ingin selalu eksis di jejaring sosial. 

Membahas perangkat BlackBerry Q5 sepertinya tidak mungkin melupakan fitur andalannya yaitu BBM (BlackBerry Messenger). Tinggal login akun BlackBerry ID (bagi yang sudah memiliki akun BlackBerry), maka seluruh kontak yang ada di BBM akan secara otomatis pindah ke Q5. Selain berkirim pesan teks, BBM memiliki fitur baru yaitu mampu melakukan panggilan dan khusus untuk pengguna BB10 dapat melakukan video chat langsung. Bahkan Anda dapat berbagi tampilan layar dengan fitur Screen Share dengan orang lain. 

Yang cukup mengejutkan adalah kapasitas baterai Q5 lebih besar ketimbang Q10 bahkan Z10. Q5 menggunakan prosesor dual-coe berkecepatan 1.2 GHz sebagai dapur pacu ponsel saat beroperasi. Walau kedua ponsel memiliki kamera depan yang sama yaitu 2MP, kamera belakang Q5 hanya tampil 5MP dibandingkan 8MP kamera Q10 dengan tambahan fitur wajib BB10 yaitu time shift

Q5 cukup menarik dan sangat direkomendasikan untuk pengguna yang menginginkan sebuah perangkat BB10 dengan harga yang lebih rendah dari Q10 dan Z10. 

Spesifikasi Lengkap BlackBerry Q5

BlackBerry Q5


BlackBerry Q5 Desain 

Bicara BlackBerry maka membicarakan sebuah ponsel dengan keyboard QWERTY yang sangat digandrungi penggunanya. Kemudahan mengetik merupakan sebuah alasan ponsel ini dapat menjadi pilihan untuk sebuah BB10 dengan harga terjangkau. Seperti ponsel keluaran BlackBerry, Q5 tampil tidak jauh berbeda bahkan menggabungkan seluruh seri-seri sebelumnya seperti jarak antar keyboard (seperti seri Curve yang lebih baik sedikit) dan tidak seperti seri Bold dan Q10. Penempatan posisi port, baik microUSB, speaker dan audio jack cukup wajar dan tidak mengganggu saat digunakan. Saying disini Q5 kehilangan port microHDMI yang ada di seri Z10 dan Q10. 

BlackBerry Q5 Kamera 

Q5 hadir dengan menggunakan kamera utama 5MP Autofocus ditambah dengan Flash LED dan kamera 2 MP untuk kamera depan yang dapat digunakan untuk foto-foto narsis ataupun melakukan video call. Untuk fitur dalam kamera sendiri, Q5 tidak menampilkan pilihan yang cukup banyak, hanya ada pilihan aspect ratio, tiga pilihan moda pengambilan gambar dan empat adegan. Fitur Time Shift tentu saja ditampilkan pada seri ini. Hasil foto dengan Q5 cukup baik walaupun tidak terlalu ‘wah’ dibandingkan ponsel pintar lainnya. 

BlackBerry Q5 Multimedia 

Layar 3.1 yang tampil pada Q5 akan menjadi penghalang bagi Anda yang suka menonton video di YouTube ataupun koleksi pribadi dengan format MWV atau MP4. Berbanding terbalik dengan pemutar ideo yang mengecewakan, pemutar musik pada Q5 ternyata cukup baik. Layaknya pada ponsel pintar lainnya, tampilan pada pemutar musik di Q5 menampilkan pilihan lagu yang baru saja dimainkan, galeri musik, dan playlist. Dengan fitur PlayOn, Anda bisa share lagu, video, dan foto ke perangkat lainnya via DLNA. Yang sangat disayangkan, Q5 tidak menyertakan fitur Equalizer. 

BlackBerry Q5 Interface 

Hanya karena menggunakan OS terbaru yaitu BB10 bukan berarti penyakit lama BB seperti booting yang lama, hilang begitu saja. Masuk di halaman utama, akan menampilkan empat layar aplikasi yang baru saja digunakan. Mengandalkan keyboard QWERTY, Anda kini dapat dengan mudah mengirim email, update status di Facebook dan Twitter. Menggunakan fitur Gesture, Anda dapat akses cepat beberapa pengaturan seperti WiFi, Bluetooth, Notifikasi dan Alarm. Sedangkan sapu kiri ke kanan akan memunculkan BlackBerry Hub yang berisikan berbagai macam notifikasi. 

BlackBerry Q5 Bisnis Level 

Sebagai ponselnya para pebisnis muda, Q5 menghadirkan aplikasi Office secara full bukan trial. Hadir dengan nama DocsToGo, Anda dapat dengan mudah untuk melihat dan membuat ragam dokumen Word, Excel, dan mengedit dokumen Powerpoint (tidak dapat membuat baru). Berbagai fitur edit pada dokumen tentu saja tersedia sangat lengkap mulai dari pilihan format teks, warna teks, ukuran teks, dan warna latar belakang dokumen. Hal serupa juga ditampilkan pada Excel dengan fitur yang lengkap layaknya di PC. Berbagai aplikasi penunjang dalam pekerjaan pun BlackBerry tampilkan seperti kalenderyang sangat baik, alarm, kalkulator dan tentu saja aplikasi cuaca dukungan AccuWeather

SPESIFIKASI 

Dimensi
120 x 66 x 10.8 mm
Berat
120 gram
Jenis Kartu SIM
microSIM
Jaringan 2G
GSM 850/900/1800/1900
Jaringan 3G/3.5G
HSDPA 850/900/1900/2100
Jaringan 4G
Tidak
Layar
IPS LCD (720 x 720 piksel) 3.1 inci; 328ppi
Sistem Operasi
BlackBerry10
Prosesor
Dual-Core 1.2 GHz
Memori Internal
8GB dan 2 GB RAM
Memori Eksternal
microSD hingga 32GB
Bluetooth
Ya (v.4.0); A2DP; LE
WiFi
Ya (a/b/g/n) Wi-Fi Hotspot
Port 3,5 MM
Ya
Port USB
Ya (microUSB)
Kamera Utama
8MP Autofocus + LED Flash, 1080p (video)
Kamera Depan
2 MP, 720p (video)
Radio FM
No
Fitur Lain
A-GPS, BlackBerry Maps, BBM, dan lain-lain
Baterai
Li-ion 2180 mAh
Harga
Rp. 3.999.000
  
Keunggulan BlackBerry Q5
  • Mendukung video 1080p
  • Kualitas speaker yang bagus
  • Layar responsif
Kekurangan BlackBerry Q5
  • Ukuran layar yang terbilang kecil
  • Kamera yang kurang maksimal