Suka Artikel Ini

INSTAGRAM VS PATH

Instagram dan Path adalah dua aplikasi ternama saat ini yang memiliki pendekatan tersendiri untuk pengalaman jejaring sosial. Mungkin beberapa dari Anda menganggap kedua aplikasi ini memiliki tujuan dan kegunaan yang berbeda satu sama lain. Namun sebenarnya kedua aplikasi ini mengatasi permasalahan yang sama yaitu bagaimana caranya Anda untuk terhubung dan berbagi pengalaman dengan teman-teman jejaring sosial menggunakan perangkat mobile

Instagram merupakan aplikasi yang memfokuskan diri pada pengalaman untuk berbagi foto ke jejaring sosial melalui perangkat mobile. Hingga saat ini Instagram sudah memiliki 130 juta pengguna aktif setiap bulannya, dengan jumlah 45 juta foto di share setiap harinya. Lalu bagaimana dengan Path? Ikut didirikan oleh Dave Morin yang juga merupakan pendiri Facebook sekaligus pengembang fitur Facebook Connect dan Facebook Platform) merupakan sebuah jejaring sosial yang lebih intim dimana Anda bisa berbagi foto, video, update status dan lokasi dengan 150 teman terdekat dan keluarga. 

INSTAGRAM VS PATH


Path 

Dikembangkan dan dibuat oleh Path Inc, Path adalah aplikasi jejaring sosial yang memiliki tujuan utama untuk mendekatkan diri Anda ke keluarga dan teman. Kini dengan update terbaru yaitu Path 3, berbagai fitur baru pun diperkenalkan seperti kemampuan untuk mengirim pesan pribadi sekaligus menambahkan stiker lucu saat ngobrol dengan teman atau keluarga. 

Seperti di aplikasi jejaring sosial lainnya, di Path teman atau keluarga dapat memberikan komen sekaligus menambahkan ikon tertawa, senyum, dan cemberut pada foto, update status, lokasi, video, musik, film dan masih banyak lagi. Path juga memungkinkan untuk melakukan pencarian momen-momen yang ada di Path berdasarkan teman, tempat, tanggal, cuaca, dan lokasi. Saat akan share foto di Path, Anda akan menemukan fitur yang hampir sama dengan Instagram yaitu kemampuan untuk menggunakan berbagai pilihan filter. 

Saat ini khususnya di Indonesia, stiker sedang nge-hits saat ini. Karena itu wajar jika Path juga menampilkan fitur ini. Berbagai kumpulan stiker berbayar dari kartunis dan sketsa terkenal seperti David Lanham dan Hugh McLeod dapat dimiliki. Update Path Moments juga dapat di-share di berbagai akun jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Tumblr, Gmail dan Foursquare. Keunggulan Path ketimbang Instagram adalah kemampuan untuk berbelanja berbagai stiker untuk digunakan baik saat update Moments, komen dan menirim pesan.   


Saat ini siapa yang tidak kenal dengan aplikasi Instagram? Fokus pada pengalaman berbagi foto kepada teman dengan menghadirkan berbagai pilihan filter menjadikan Instagram sangat populer. Tampilan yang menarik dan sederhana juga pilihan yang beragam menjadikan aplikasi ini portofolio untuk koleksi-koleksi foto Anda. Terhitung 20 filter dapat dipilih untuk menampilkan hasil foto yang lebih baik dan kreatif. 

Update Instagram yang baru yaitu 4.1 menampilkan beebrapa fitur tambahan untuk iOS dan Android. Untuk iOS, Instagram menambahkan kemampuan untuk meluruskan kemiringan derajat foto saat diambil dengan kamera ponsel. Sedangkan di Android, Instagram menambahkan kemampuan merekam video. Hal ini memang bukan hal yang abru, toh aplikasi sejenis bernama Vinejuga memiliki fitur ini. 

Hanya saja yang membedakan adalah Vine hanya mampu merekam video selama 6 detik yang berulang-ulang. Sedangkan untuk Instagram mampu merekam selama 15 detik. Penggunaan fitur baru ini juga terbilang sederhana, tinggal pilih ikon kamera dan tahan untuk memulai merekam. Hal lainnya yang ditampilkan pada update ini adalah people tagging yang sepertinya pengaruh dari Facebook. Fitur ini dapat dilakukan saat akan publish hasil foto atau setelahnya hanya dengan memilih tiga titik di kanan bawah layar. Walau terpengaruh dari Facebook, hanya Anda sendiri yang tag orang di gambar. Intagram memang aplikasi foto yang cukup baik walau memang fitur video amsih memerlukan sedikit perbaikan.   

Dari penjelasan singkat mengenai kedua aplikasi diatas jelaslah bahwa Instagram dan Path memiliki fokus dalam hal yang berbeda, di mana Instagram di fotografi dan Path di jejaring sosial yang lebih intim. Walau berawal dari titik yang berbeda, sepertinya Instagram dan Path menuju titik yang sama dan tampil sebagai pesaing satu sama lain. Ini terlihat dari bagaimana kedua aplikasi menampilkan fitur untuk share foto tidak hanya kepada teman dan followers di aplikasi saja, tetapi juga dengan teman-teman di Facebook, Twitter, Foursquare, dan Tumblr. Kedua aplikasi ini rencananya akan semakin memperluas "jajahannya” ke OS Windows Phone. Di mana Path akan hadir pada akhir tahun, sedangkan Instagram masih belum memiliki keputusan yang pasti. Kita tunggu saja kelanjutan dari perkembangan kedua palikasi ini selanjutnya.