Suka Artikel Ini

Upgrade Harddisk

Upgrade Harddisk 

Tutorial Cara Upgrade Harddisk 


Upgrade Harddisk

Optimasi harddisk merupakan cara untuk menambah kapasitas harddisk, atau biasa disebut dengan istilah Upgrade Harddisk. Upgrade hardisk merupakan suatu kebutuhan bagi setiap komputer atau laptop dengan tujuan agar performa komputer atau laptop tersebut tetap optimal. Upgrade harddisk juga bertujuan untuk menambah kapasitas harddisk agar ketika kapasitas harddisk sudah pengguna tidak perlu menghapus data yang sudah ada untuk kemudian menyimpan data yang baru, karena tentunya sayang bila isi data di dalam harddisk harus dihapus. Maka jalan terbaiknya adalah meng-upgrade harddisk laptop dengan kapasitas yang lebih besar dari kapasitas sebelumnya. 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum meng-upgrade harddisk, dan perlu diperhatikan pula harddisk yang akan dipasang sesuai atau tidak dengan laptop yang sedang digunakan. Untuk itu berikut ini beberapa tips yang dapat dipakai untuk membeli harddisk laptop antara lain: 
  • Sebelum membeli harddisk laptop pastikan terlebih dahulu tipe harddisk yang digunakan pada laptop yang akan di-upgrade, apakah tipe harddisknya SATA atau ATA. Untuk mengetahuinya bisa dilihat pada tempelan stiker laptop atau pada spesifikasi laptop. Biasanya laptop keluaran terbaru sudah menggunakan tipe SATA.
  • Teliti sebelum membeli harddisk baru, apakah harddisk yang akan dibeli benar-benar baru atau baru tapi pernah rusak sebelumnya (recondition). Biasanya untuk harddisk recondition selalu ada label yang berbeda dengan label harddisk yang benar-benar baru.
  • Bandingkan harga dengan garansi vendor produksi harddisk. Belilah harddisk yang mempunyai garansi panjang, biasanya masing-masing vendor memberikan garansi 2-3 tahun. Bandingkan pula harga dengan kapasitas penyimpanan. Bila perbandingannya hanya berbeda sekitar Rp. 50.000., sampai Rp 100.000., maka belilah kapasitas yang lebih besar karena selisih harga yang tidak terlalu mencolok. Biasanya kapasitas 320 GB dengan 250 GB harganya hanya berbeda sedikit. 
Berikut ini adalah tahap-tahap dalam mengupgrade harddisk
  • Sebelum memulai meng-upgrade harddisk pastikan laptop dalam keadaan mati, kemudian lepaskan baterai laptop.
  • Balikkan laptop dan cari symbol harddisk, seperti menyerupai bentuk symbol tabung.
  • Lepaskan sekrup pada bagian penutup laptop dengan menggunakan obeng, lalu lepaskan penutup.
  • Bila penutupnya sudah dilepaskan maka akan dilihat komponen-komponen yang ada pada laptop.
  • Kemudian lepaskan sekrup pada bagian penyangga harddisk dengan casing laptop, lalu tarik plastik yang menempel pada harddisk dengan cara menggeser arah kiri secara perlahan-lahan.
  • Bila sudah maka soket tipe harddisk akan terlihat.
  • Pastikan pada saat mengangkat harddisk tidak ada bagian sekrup yang menahan harddisk keluar. Setelah terlepas, siapkan harddisk baru untuk dpasang menggantikan harddisk lama yang telah diangkat.
  • Pastikan pemasangan harddisk baru sesuai dengan dudukan soket harddisk pada laptop.
  • Kemudian tutup kembali penutup bagian belakang.

Untuk tutorial lengkap tentang cara upgrade harddisk, Anda bisa melihat video berikut untuk memandu Anda meng-Upgrade harddisk yang baik dan benar.