Suka Artikel Ini

Spesifikasi Laptop

Jenis, Ukuran, dan Spesifikasi Laptop

Dahulu mesin komputer identik dengan mesin-mesin yang besar. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan banyaknya riset yang dikembangkan, sekarang sudah banyak mesin computer yang didesain dalam bentuk yang lebih agar muat dalam ukuran sebesar laptop. Jenis, ukuran dan spesifikasi laptop dapat dibedakan menjadi beberapa model, diantaranya: 

a.   Desktop Replacement Computer

Desktop Replacement Computer

Laptop ini memiliki layar paling lebar, yaitu 17”-20”. Laptop ini mempunyai kemampuan layaknya komputer dan sewaktu-waktu dapat dibawa kemana-mana, mengingat berat dan ukurannya yang relative lebih berat dan lebih besar dibanding laptop lainnya. Karena kemampuannya yang besar, daya baterainya menjadi terbatas, hanya berkisar 3 jam pemakaian. 

b.   Medium Size Laptop
 
Medium Size Laptop

Laptop dengan layar 14”-15,4” ini memiliki berat sekitar 3-3,5 kg. Meskipun memiliki berat dan lebar layar yang lumayan besar, laptop ini memiliki daya tahan baterai yang lama dibandingkan dengan laptop lainnya

c.    Thin and Lights

Thin and Lights Laptop

Laptop ini memiliki bentuk yang tipis, hemat tempat, dan mudah untuk dibawa kemana saja. Laptop ini memiliki berat antara 1,8-2,8 kg dengan layar 12”-14”. Meskipun ukurannya tipis namun kemampuan laptop ini tidak kalah dengan laptop yang memiliki ukuran standar. 

d.   Ultraportable 

 
Ultraportable Laptop

Laptop ini didesain khusus bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan tidak dapat meninggalkan pekerjaannya, seperti pengusaha yang super sibuk, web designer, dan lain-lain. Laptop ini mudah untuk dibawa ke mana saja. Laptop ini memiliki harga yang lebih mahal karena memiliki daya tahan baterai yang lama, CPU yang hemat energy, grafik yang sudah terintegral, serta spesifikasi yang sangat tinggi dibanding jenis laptop lainnya.  Laptop ini memiliki ukuran layar 12” dan besar 1,7 kg. ringan dan mudah dibawa, tetapi key board yang digunakan bukan merupakan keyboard yang fullsize.

Berdasarkan klasifikasi laptop juga dapat dibedakan menjadi 4 kelas, yaitu Full Size, Netbook, Tablet PC, dan Rugged. Laptop Full Size merupakan laptop yang cukup besar dengan full size keyboard. Netbook merupakan laptop yang memiliki ukuran yang lebih kecil, lebih murah, dan lebih mudah dibawa ke mana pun. Namun fitur yang dimiliki netbook lebih sedikit, dengan keyboard dan layar yang lebih kecil sehingga sedikit lebih sulit dalam pengoperasiannya. Tablet PC merupakan laptop touchscreen yang full keyboard. Sedangkan Rugged merupakan laptop yang dirancang khusus untuk kondisi-kondisi yang sulit, seperti dalam kondisi ekstrem, adanya guncangan mekanik, kondisi basah, dan lingkungan yang berdebu. 

Laptop ini memiliki berbagai merk yang menawarkan bermacam spesifikasi dan kelebiha masing-masing. Merk laptop biasanya menawarkan pelayanan yang terbaik yang mempengaruhi harga laptop tersebut. Semakin baik pelayanan atau spesifikasinya, maka harga laptop tersebut akan lebih mahal. Beberapa merk laptop mengkhususkan spesifikasinya, seperti laptop untuk game, laptop berkinerja tinggi, netbook, dan laptop yang dikhususkan untuk anak-anak. Beberapa merk laptop dapat dilihat pada tabel berikut: 

Merk
Jenis
1.   Apple
MaBook, MacBookPro, dan MacBookAir
2.   Sony
Vaio
3.   Dell
Inspiron, Alienware, Latitude, Studio, Precision, Vostro, dan XPS
HP Probook, HP Pavilion, Compaq Presario
5.   Lenovo
IdeaPad, ThinkPad, dan 3000 Series
6.   Asus
Asus Eee, Lamborghini, Asus G Series (ROG)
7.   Acer
TravelMate, eMachines, Extensa, Aspire, dan Ferrari
8.   Fujitsu
Lifebook
9.   Toshiba
Dynabook, Portege, Tecra, Satellite, Oosmio, Libretto
10.  LG
Xnote
11.  Panasonic
Satellite, Lets Note (Japan Only)
12.  Samsung
SENS : P,Q,R, dan X series
13.  Gateway
-
14.  HCL
ME Laptop, Leaptop, ME Notebook, MiLeap
15.  MSI (Micro Star International)
E(ntertainment), P (Professional), G(amming), V(alue), X(Slim), A(esthetic), U Series, dan Wind Notebook
16.  TG Sambo
Averatec, Averatec Buddy
17.  Medion
Akoya
18.  Sager Midem
Various Clevo basede models, many boutique vendor branded models
19. Packard Bell
Easynote