Suka Artikel Ini

Sony Ericsson Xperia Pro

Sony Ericsson Xperia Pro 


Akhir dari merger Sony dan Ericsson ditutup dengan dirilis beberapa ponsel, salah satunya adalah Sony Ericsson Xperia Pro. Sebelumnya, Sony telah mengeluarkan Xperia Mini Pro, dan untuk melengkapi jajarannya, dikeluarkanlah Xperia Pro. Sebagaimana versi mini, Xperia Pro dilengkapi juga dengan keyboard bertipe slider. 

Meskipun tanpa awalan "mini", performa Xperia Pro tidak terlalu jauh dari Xperia Mini Pro. Terutama pada bagian konfigurasi RAM dan CPU yang menggunakan pasangan yang sama. Beberapa upgrade memang terjadi di sektor kamera, layar, serta penambahan port micro-HDMI dan kemampuan membaca USB dengan menggunakan kabel USB OTG. 

Tentunya layar besar 3,7 inci merupakan perbedaan yang sangat mencolok bagi ponsel ini dan versi mininya. Selisih 0,7 inci tentu dapat mengakomodasi kebutuhan mengetik mereka yang bertangan besar dengan lebih baik. Resolusi layar yang lebih tinggi pun memberikan poin plus ketika memutar berbagai file media dalam ponsel. 

Keyboard fisik yang ada di Xperia Pro semestinya lebih baik dibandingkan pada Xperia Mini Pro. Ukuran yang lebih besar memberikan ruang lebih lega untuk posisi tombol keyboard di balik layar ponsel ini. Jika terpaksa menggunakan keyboard layar sentuh pun, ponsel ini lebih baik karena ukuran layarnya yang lebih besar, sehingga ruang untuk virtual keyboard dapat lebih lega. 

Ihwal interface utama pada ponsel ini, Xperia Pro sedikit berbeda dengan Xperia Mini Pro yang seolah memadatkan semuanya dalam layar kecil. Xperia Pro sudah tidak memberlakukan menu akses cepat yang terletak pada keempat sudut layar Xperia Mini Pro. Di luar itu, semuanya sama saja dan tetap mendapatkan rasa Android khas Sony Ericsson. 

Akhir kata, ponsel ini jelas memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Xperia Mini Pro. Namun, beberapa tambahan esensial seperti ukuran layar dan kamera yang lebih baik patut menjadi pertimbangan.   

SPESIFIKASI 

Dimensi
120 x 57 x 13.5 mm
Berat
142 g
Jenis Kartu SIM
Mini-SIM
Jaringan 2G
850/900/1800/1900 MHz
Jaringan 3G/3,5G
WCDMA 900/2100/850/1900/2100 MHz
Layar
LED-blacklit LCD Capacitive Touchsreen (480 x 854 piksel) 3,7 inci
Sistem Operasi
Android OS  v4.0 Ice Cream Sandwich
Prosesor
1 GHz
Memori Internal
1 GB dan 512 MB RAM
Memori Eksternal
microSD hingga 32 GB
Bluetooth
Ya
NFC
Tidak
Wi-Fi
Ya
Port 3.5
Ya
Port USB
Ya (micro USB)
Kamera Utama
5 MP autofocus + LED Flash
Kamera Depan
VGA
Radio FM
Ya
Baterai
Li-Pro 1200 mAh
Harga
Rp. 2.100.000