Suka Artikel Ini

Sony Ericsson Xperia Mini Pro

Sony Ericsson Xperia Mini Pro 



Sony Xperia Mini Pro bukanlah ponsel yang paling baru yang ada di pasaran. Namun dengan adanya keyboard fisik, perangkat ini memiliki daya tarik tersendiri. Ihwal perangkat yang sudah agak berumur, spesifikasi perangkat ini pun tidak begitu "wah" jika dibandingkan dengan ponsel yang belakangan dirilis di pasaran. 

Daya tarik ponsel ini bisa jadi naik kembali begitu Blackeberry Messanger untuk Android dan IOS dirilis. Pasalnya, pengguna yang merasa kurang nyaman menegtik di layar sentuh akan dimanjakan dengan keyboard fisik. Kemampuan chatting dan produktivitas pengguna akan disokong lebih baik karena memungkinkan mereka untuk melakukan touch and type

Meskipun bukan perangkat baru dan spesifikasinya sudah banyak yang menandingi, setidaknya ponsel ini masih punya beberapa hal yang dapat dibanggakan. Prosesor inti tunggal dengan daya 1 GHz dan RAM 512 MB memang terlihat keren di 2011, namun update ke Ice Cream Sandwich memungkinkan Blackberry Messanger berjalan di Xperia Mini Pro. 

Kemampuan konektivitas pada Xperia Mini Pro terbilang standar saja. Tidak adanya NFC membuat penggunanya tidak dapat berkirim file dengan cepat. Namun keberadaan Wi-Fi, Bluetooth, serta kabel microUSB sudah cukup menyokong penggunanya untuk saling bertukar file-file multimedia. 

Kamera pada Xperia Mini Pro merupakan suatu hal yang patut disegani juga. Kamera 5 MP sudah merupakan sebuah norma pada perangkat kelas menengah masa kini, malah sudah ada beberapa yang lebih baik. Setidaknya kemampuan menangkap gambar diam dengan cukup baik, dan adanya kemampuan menangkap video dengan resolusi 720p merupakan suatu bonus bagi para pengguna. 

Kendala yang paling berat dari mereka yang menginginkan perangkat ini adalah ketersediaannya di pasaran. Karena sudah berumur dan lepasnya kerjasama Sony dan Ericsson, ponsel ini sudah tidak diproduksi baru. Mau tidak mau, mereka yang ingin ponsel ini ahrus mencari ponsel yang tersisa di gerai-gerai ponsel. Di sisi positifnya, harganya sudah cukup terjangkau untuk performa yang tidak terlalu buruk dan keyboard fisik yang cukup nyaman digunakan. 

SPESIFIKASI 

Dimensi
92 x 53 x 18 mm
Berat
136 g
Jenis Kartu SIM
Mini-SIM
Jaringan 2G
850/900/1800/1900 MHz
Jaringan 3G/3,5G
WCDMA 900/210/850/1900/2100 MHz
Layar
LED-blacklit LCD Capacitive Touchsreen (320 x 480 piksel) 3 inci
Sistem Operasi
Android OS  v4.0 Ice Cream Sandwich
Prosesor
1 GHz
Memori Internal
400 MB dan 512 MB RAM
Memori Eksternal
microSD hingga 32 GB
Bluetooth
Ya
NFC
Tidak
Wi-Fi
Ya
Port 3.5
Ya
Port USB
Ya (micro USB)
Kamera Utama
5 MP autofocus + LED Flash
Kamera Depan
VGA
Radio FM
Ya
Baterai
Li-Pro 1200 mAh
Harga
Rp. 1.300.000