Suka Artikel Ini

Sejarah Android

Sekitar enam tahun yang lalu (2007), Android pertama kali diperkenalkan oleh Google. Padahal perjalanan Android pertama sebagai sistem operasi untuk ponsel (dan kini mulai beranjak ke perangkat lain) dimulai jauh sebelum itu. Android Inc, perusahaan yang didirikan oleh Andy Rubin pada oktober 2003 awalnya justru ingin mengembangkan sistem operasi untuk kamera digital dan bukan untuk ponsel. 

Android


Namun Rubin sadar bahwa segmen itu tidak cukup luas untuk digarap sehingga beralih untuk mengembangkan sistem operasi ponsel. Sempat mengalami masalah keuangan karena proyek Android secara rahasia, Android Inc. mendapat hibah $10.000 dari Steve Periman sang founder dari OnLive. Jumlah yang tidak sedikit menjadi kurang karena pasar ponsel yang tadinya didominasi oleh Windows Mobile dan Symbian mulai digoyang oleh iOS (Apple) dan BlackBerry

Pada tahun 2005, Google pun akhirnya mengakuisisi Android Inc. dan membawa serta Andy Rubin berikut koleganya yang ikut menjadi pendiri. Dua tahun berselang, dengan hadirnya Open Handset Alliance (OHA), barulah maksud dan tujuan Google membeli Android terlihat. Maksud dan tujuan tersebut adalah karena Google terjun dan ikut serta dalam persaingan sistem operasi ponsel.