Suka Artikel Ini

Samsung Galaxy Note 8

Samsung Galaxy Note 8 

Pesaing Berat iPad Mini 

Samsung Galaxy Note 8   
Ketika menghadirkan Galaxy Note (phablet), banyak yang meragukan apakah konsep tersebut bisa diterima di masyarakat. Dua tahun berselang, Galaxy Note justru mendapatkan pembaruan dan merambah segmen tablet dengan Galaxy Note 10.1 dan kini Galaxy Note 8.0. Yang menjadi pembeda dengan tablet pada umumnya tentu kehadiran teknologi layar dan stylus khas dari Wacom yakni S-Pen. 

Audio Samsung Galaxy Note 8.0 

Sebagai tablet, Galaxy Note 8 memiliki kualitas di atas rata-rata tablet lain meski volume yang dikeluarkan dari speaker kurang maksimal. Dengan posisi speaker di bagian bawah, suara jadi tertutup tangan saat digunakan pada posisi landscape. Tapi kualitas suara dan volume ketika digunakan dengan earphone lebih baik. Di sisi lain, poin lebih pada fitur unggulan seperti equalizer SoundAlive yang kaya dan aplikasi Group Play. 

Desain Samsung Galaxy Note 8.0

Dibandingkan dengan iPad Mini, Galaxy Note 8 lebih berat dan sedikit lebih tebal. Tapi perbedaannya tidak terlalu kentara kecuali disandingkan. Aksen metal pada bagian pinggir Galaxy Note 8 ikut membantu menambah kesan premium. Posisi Infra Red di bagian kanan berbeda dengan Galaxy S4, namun sesuai dengan tampilan pada aplikasi Peel Smart Remote. Slot untuk memasukkan Micro-SIM dan microSD terletak pada bagian pinggir seperti seri Galaxy Tab. 

Imaging Samsung Galaxy Note 8.0

Dianggap tablet (padahal seri Galaxy Note) Samsung kurang mementingkan fungsi kamera. Terbukti dengan tidak hadirnya LED Flash serta desain lensa yang menonjol. Pada kondisi kurang cahaya, kameranya kurang bisa diandalkan. Tapi fitur-fitur kamera khas seri Galaxy tetap hadir. Ke depannya, Galaxy Note 8 bisa jadi akan mendapat update fitur kamera seperti Galaxy S4, untuk saat ini fungsi kamera sebagai pelengkap saja. 

Interface Samsung Galaxy Note 8.0 

Dicinta sekaligus dibenci, itulah tampilan khas ala Samsung TouchWiz. Di sisi lain, menambah Bergama fitur unik dan eksklusif yang jarang ditemui pada merk lain. Fitur Multi Window, notification panel yang bisa dikustomisasi, dan hard motions untuk mematikan suara atau menghentikan sementara juga tersedia. Melihat track record Samsung tahun lalu, bukan tak mungkin Samsung Galaxy Note 8 juga akan mendapatkan beberapa fitur seperti di Galaxy S4. 

SPESIFIKASI 

Samsung Galaxy Note 8   
Dimensi
210,8 x 135,9 x 8 mm
Berat
132 gram
Jenis Kartu Sim
MicroSIM
Jaringan 2G
850/900/1800/1900
Jaringan 3G/3.5G
HSDPA 850/900/1900/2100
Jaringan 4G
Tidak
Layar
LCD Capacitive (800 x 1280 piksel) 8 inci
Sistem Operasi
Android 4.1.2 Jelly Bean
Prosesor
Exynos Quad-Core 1,6 GHz
Memori Internal
16 GB dan 2 GB RAM
Memori Eksternal
Ya
Bluetooth
Ya (v4.0)
Infra Red
Ya
WiFi
Ya (a/b/g/n)
Port 3,5 mm
Ya
Port USB
Ya (microUSB + MHL)
Kamera Utama
5 MP Autofocus
Kamera Depan
1,9 MP
Radio FM 
Tidak  
Fitur Lain
A-GPS, S-Pen, aNote HD, Group Play, Paper Artist, Polaris Office, Samsung Link, S-Voice, Samsung Apps, dsb
Baterai
Li-Ion 4.600 mAH
Harga
Rp. 5.400.000 (New)

Kelebihan
  • S-Pen khas Galaxy Note
  • Slot microSD
  • Desain tipis dan ringan
Kekurangan
  • Resolusi layar rendah
  • Minus LED Flash
  • Tidak ada NFC