Suka Artikel Ini

Pengertian RAM

Pengertian RAM 

RAM

RAM (Random Access Memory) merupakan komponen laptop yang berfungsi sebagai penyimpan data atau instruksi. Memory merupakan komponen yang menentukan performa laptop, dan merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam laptop. Jika kapasitas memory yang tersedia dalam laptop cukup besar, maka akan semakin besar pula data atau instruksi yang dapat ditampung dan diolah oleh laptop, begitu pula sebaliknya. 

Memory dapat di-upgrade atau ditambah kapasitasnya agar menambah performa dari laptop itu sendiri. Ketika membeli laptop yang perlu diperhatikan apakah laptop tersebut memiliki akses yang mudah ke slot memory atau tidak, karena memory merupakan komponen yang sering di upgrade untuk pertama kali. 

Memori juga menentukan sistem operasi (OS) apa yang dapat digunakan dalam laptop. Misal untuk OS Window Vista, Window 7, atau MacOSX dibutuhkan memori paling tidak 1 GB. Sementara untuk OS yang lain, misalnya Windows XP dapat menggunakan RAM dengan kapasitas 512 MB. Memori sendiri memiliki beberapa jenis diantaranya RAM, SDRAM, EDORAM, RDRAM, DDRAM, ROM, dan memiliki kapasitas yang bervariasi, dari 256 MB, 1 GB, hingga mencapai 32 GB.