Suka Artikel Ini

LG Optimus G Pro

LG Optimus G Pro

Imajinasi Tanpa Batas
 
Semangat LG untuk terus berinovasi dan menjadi pemimpin di pasar Smartphone masih belum sirna. Apalagi setelah sukses menjadi vendor di balik ponsel Nexus terakhir dari Google. Urusan teknologi, LG tak kalah dengan pesaing terberatnya (Samsung, yang juga asal Korea Selatan) khususnya dalam bidang produksi komponen material dasar smartphone

Dalam tiga tahun terakhir, terbukti LG selalu menjadi yang pertama dalam meluncurkan penerapan teknologi terbaru, khususnya Android. Diawali dengan ponsel Andriod Dual-Core pertama bersama Optimus 2X, disusul dengan seri Quad-Core yang diusung oleh Optimus 4X HD. Tapi tentu saja, sekedar upgrade teknologi saja tidak cukup untuk meraih pasar yang kian hari semakin ketat bersaing. 

LG Optimus G Pro
Faktanya, setahun berselang, LG kembali meluncurkan seri Optimus G Pro yang merupakan update dari optimus G yang hadir beberapa bulan yang lalu. Kalaupun mau dibandingkan, dari segi prosesor peningkatannya cukup signifikan. Penambahan clockspeed 200 MHz dirasa perlu mengingat aplikasi dan game HD yang keluar tahun ini cukup membutuhkan resource CPU yang tinggi. 

Satu hal yang tentu paling mencolok adalah pada segi layar yang digunakan. Mengusung layar lebar 5,5 inci, Optimus G Pro menggunakan resolusi Full High Definition (Full HD) sebesar 1080 x 1920 piksel. Jika Anda memiliki TV LED di rumah bisa dikatakan resolusi yang diusung keduanya sama, bahkan di Optimus G Pro kualitas gambar yang dihasilkan jadi lebih tajam karena kerapatan piksel yang dihasilkan. 

Tampilan menu dan interface yang ada juga turut membantu pengguna Android yang baru pertama kali mencoba ataupun pengguna lama. 

Dengan layar sebesar, setajam, dan sejernih yang ada di Optimus G Pro, tentunya kurang maksimal jika tidak didukung oleh kamera yang juga canggih. Tenang saja, di sini sudah dibenamkan kamera 13 MP yang juga sanggup merekam video Full HD 1080p. kualitas video yang dihasilkan ini setara dengan yang biasa Anda tonton pada DVD Blu-Ray. 

Masih urusan kamera, dengan kualitas yang tinggi tentunya file yang dihasilkan akan menjadi sangat besar. Jika Anda memang ingin sering merekam video dengan kualitas Full HD, maka disarankan untuk memanfaatkan slot microSD yang tersedia dan membenamkan kartu berukuran 64 GB. Dengan demikian, kapasitas memori internal jadi tidak terganggu dan Anda pun bisa leluasa mengunduh aplikasi dan game sebanyak yang Anda mau. 

Saat merekam, Anda juga bisa menentukan mana obyek yang ingin menjadi titik focus dan Optimus G Pro dengan cerdas mengikuti obyek tersebut (tracking focus) sehingga tidak pernah keluar dari jarak fokus. Fitur yang cukup membantu ketika Anda ingin merekam aktivitas si kecil atau kegiatan olahraga yang obyeknya cenderung aktif. 

Tidak hadirnya tombol shutter kamera juga bisa diakali dengan smemanfaatkan tombol volume up/down. 

Selain tangguh dalam urusan merekam video, Optimus G Pro juga dapat memanfaatkan kedua kamera yang ada pada saat yang bersamaan. Fitur memotret lainnya yang ada di sini juga terbilang lengkap. Bahkan uniknya, meski masih mengusung Android 4.1.2 Jelly Bean, Optimus G Pro memiliki fitur yang sama, kalau tidak lebih baik, dengan PhotoSphere yang baru hadir di Android 4.2.2. Cukup menggembirakan karena pada ponsel Samsung Galaxy S4 yang sudah menggunakan Android 4.2.2, fitur ini justru hilang. 

Untuk urusan multimedia lain, LG Optimus G Pro juga memiliki pemacar infra merah yang dapat difungsikan sebagai remote control untuk perangkat multimedia di rumah. Memanfaatkan aplikasi QuickRemote, ponsel ini pun berubah menjadi remote control universal. Dan bersertifikasi DLNA, Anda pun jadi leluasa memanfaatkan fitur SmartShare untuk menjalankan multimedia pada perangkat lain. 

Factor kenyamanan juga diutamakan bagi Anda yang memang tidak pernah bisa lepas dari ponsel kesayangan. Menggunakan baterai dengan kapasitas tinggi, Optimus G Pro tahan digunakan seharian, bahkan dengan penggunaan yang sangat aktif. Lainnya, fitur fitur Smart Video akan otomatis menghentikan video yang sedang diputar jika pandangan Anda tak melihat ke layar. 

Satu hal yang belum sempat dicoba pada Optimus G Pro ini adalah kemampuannya berjalan di jaringan 4G LTE. Karena pada produk yang diluncukan, seri Optimus G Pro yang dijual di Indonesia adalah seri E988 atau memang yang sudah mendukung LTE 1800/2600 MHz. Patut  disayangkan regulasi mengenai 4G masih belum juga jelas. 

SPESIFIKASI 

LG Optimus G Pro

Dimensi
150.2 x 76.1 x 9.4 mm
Berat
172 gram
Jenis Kartu Sim
MicroSIM
Jaringan 2G
GSM 850/900/1800/1900
Jaringan 3G/3.5G
HSDPA 850/900/1900/2100
Jaringan 4G
LTE 1800/2600
Layar
TrueHD IPS+ (1080 x 1920 piksel) 5,5 inci, 401ppi
Sistem Operasi
Android 4.1.2 Jelly Bean
Prosesor
Quad-Core 1,7 GHz, Adreno 320
Memori Internal
16 GB dan 2 GB RAM
Memori Eksternal
microSD  hingga 64GB
Bluetooth
Ya (v4.0); aptX
WiFi
Ya (a/b/g/n/ac), DLNA, Mobile Hotspot
Port 3,5 mm
Ya
Port USB
microUSB
Kamera Utama
13 MP, AF +LED Flash, 1080p (video)
Kamera Depan
2MP, 720p (video)
Radio FM 
Ya
Fitur Lain
A-GPS, NFC, SmarShare, Smart Video, Polaris Office 4, dll
Baterai
Li-Ion 3.140 mAh
Harga
Rp. 6.999.000 (New)

Multimedia 

Bayangkan menonton dengan menggunakan video High Definiton di TV, namun dalam ukuran yang lebih kecil. Sehebat itulah layar yang ada pada Optimus G Pro. Selain ukurannya yang besar, resolusi yang diusung pun benar-benar Full HD. Untuk kamera, keduanya sanggup merekam video Full HD yang bisa langsung diedit dan dibagikan ke perangkat multimedia melalui SmartShare. Untuk pemutar videonya, sudah mendukung codec khusus seperti DivX, XviD, dan MKV yang cukup jarang ditemui di ponsel lain. Jangan lupa dengan memanfaatkan fitur Dual Recording untuk hasil rekaman yang lebih unik. 

Nilai : 8

Desain 

LG Optimus G Pro

Tak mudah memang membuat ponsel dengan layar besar namun tetap mempertahankan sisi estetika agar enak dilihat dan nyaman digenggam. Tapi di Optimus G Pro, semua masalah bisa diatasi. Dengan desain yang pas dan ukuran bezel yang tipis, ukuran akhir bisa didapat tanpa membuang ruang yang tak perlu. Penempatan posisi port, baik untuk microUSB, dan audio jack juga di posisi yang waja. Di belakang, posisi lensa kamera, LED Flash, dan lubang untuk speaker tersusun simetris sehingga menambah nilai untuk desain. Di bagian atas, terdapat pemacar Infra Merah sebagai pendukung aplikasi QuickRemote. 

Nilai : 8

Imaging 

Memotret dengan Smartphone kini sudah menjadi kebiasaan. Artinya, tuntutan untuk hasil gambar terbaik pun semakin tinggi. Di Optimus G Pro, kamera belakang diperkuat lensa dengan kemampuan 13 MP. Di depan, lensa 2,1 MP juga siap menemani berfoto diri atau saat melakukan video call. Keduanya juga bisa dimanfaatkan sekaligus, yakni dengan fitur Dual Camera dengan OS Android 4.2 Jelly Bean. Fitur Photo Sphere disempurnakan menjadi VR Panorama yang ‘jahitannya’ terlihat lebih halus. Sayangnya tampilan menu Gallery cenderung biasa saja atau seperti Android standar. 

Nilai : 8 

Interface 

LG Optimus G Pro

Kalau yang satu ini, LG tidak pelit memberikan opsi tampilan yang bervariasi. Tak hanya sekedar memberikan opsi Themes, Optimus G Pro juga memiliki kemampuan untuk merubah gambar icon aplikasi yang tersedia. Navigasi antar menu yang ada juga sangat mudah digunakan. Hadirnya tombol QButton untuk akses cepat ke aplikasi atau fitur tertentu dan lampu LED yang mengelilingi tombol Home turut memudahkan Anda dalam mengetahui notifikasi yang masuk. Dua fitur tambahan, yakni Smart Screen dan Smart Video juga membantu dalam penggunaan keseharian. 

Nilai : 8 

Bisnis 

Layar 5 inci tak hanya nyaman untuk mengetik, tapi juga untuk mengedit teks. Untuk kaum pebisnis, Optimus G Pro juga sanggup digunakan presentasi, baik itu menggunakan kabel HDMI (MHL) ataupun WiFi memanfaatkan fitur SmartShare. Kesanggupan menjalankan dua gambar yang berbeda (pada layar TV/via proyektor dan di ponsel) tentu sangat membantu saat melakukan presentasi seperti layaknya menggunakan laptop saja. Dan untuk pengeditan dokumen, tentu saja tersedia plikasi Polaris Office versi penuh. 

Nilai : 9

Kelebihan
  • Kinerja CPU tinggi
  • Konektivitas 4G LTE
  • Layar Full HD yang tajam
  • Beragam fitur unik khas LG
Kekurangan
  • Belum Android 4.2
  • Layar sentuh kadang terlalu sensitif