Suka Artikel Ini

Cara Upgrade RAM

Tips Simpel Meng-upgrade RAM 

Upgrade RAM

Upgrade RAM adalah penambahan memory RAM yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja laptop. Dalam suatu sistem laptop fungsi memori atau biasa disebut dengan RAM sangat penting untuk menunjang kinerja dari laptop. Dengan kata lain, sebuah processor yang hebat sekalipun akan menjadi mandul jika tidak ditunjang dengan RAM yang cukup dan sesuai. Upgrade RAM merupakan hal yang dapat dilakukan jika memang diperlukan untuk meningkatkan kinerja laptop, atau tidak perlu jika memang tidak dibutuhkan. 

Perlu diperhatikan beberapa hal penting sebelum meng-upgrade RAM. Pertama yang paling penting adalah memory RAM atau sodim memory  yang akan ditambah, tentu dengan kapasitas yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kapasitas sebelumnya. 

Kedua, perhatikan mengenai garansi. Apabila laptop tersebut masih bergaransi maka pengguna disarankan untuk melakukan upgrade RAM pada teknisi dealer (toko) di mana pengguna membeli laptop tersebut. Hal ini dikarenakan jika pengguna meng-upgrade laptop sendiri maka garansi laptop akan hilang. Namun bila laptop tersebut sudah tidak bergaransi, maka upgrade RAM dapat dilakukan sendiri. 

Berikut adalah beberapa langkah untuk meng-upgrade memory RAM:
  • Matikah laptop terlebih dahulu melalui menu Shutdown, dan lepaskan baterai pada laptop.
  • Baliklah laptop dan cari lokasi memory yang terpasang pada laptop. Biasanya terdapat symbol RAM atau tulisan yang menandakan posisi RAM.
  • Bila sudah mengetahui lokasi memory, buka sekrup dengan menggunakan obeng, lalu buka penutup laptop (casing).
  • Bila sudah melepaskan penutup belakang laptop, maka akan terlihat seperti maka akan terlihat semua komponen yang terdapat dalam laptop. Karena penutup bagian memory menyatu dengan bagian perangkat keras lain, maka komponen laptop akan terlihat semuanya.
  • Bila ingin mengganti memori yang lama dengan yang baru, tekan modul kea rah luar secara bersamaan.
  • Setelah ditekan, maka memory akan terangkat ke atas, lalu secara perlahan lepaskan memory kea rah samping.
  • Setelah modul terlepas, maka memory akan terangkat ke atas.
  • Pastikan pada saat mengangkat memory RAM dilakukan seccara perlahan. Setelah terlepas, maka siapkan memory RAM baru untuk dipasang menggantikan memory RAM lama yang telah diangkat.
  • Pastikan pemasangan memory RAM yang baru sesuai dengan dudukan soket memori RAM pada laptop.
  • Kemudian tutuplah kembali  penutup belakang laptop.
Untuk lebih jelas mengenai tutorial cara upgrade RAM yang baik dan benar, Anda dapat melihat video berikut ini: