Suka Artikel Ini

Buku Saku Dokter

Buku Saku Dokter

Panduan Cepat Bagi Dokter



Berbagai informasi medis terangkum pada aplikasi ini. Mulai dari gangguan kesehatan, daftar informasi obat, dan panduan membaca diagnose hasil tes lab hingga forum untuk berinteraksi dengan sesama pengguna berkenaan dengan hal-hal terkait medis. Selain itu terdapat pula daftar akun twitter para dokter. 

Sebenarnya aplikasi Buku Saku Dokter ini lebih ditujukan untuk kalangan tenaga medis sebagai pegangan mereka untuk mengakses informasi medis secara cepat. Sehingga aplikasi garapan Dr. Abdoel ini kurang cocok jika digunakan kalangan awam untuk menggantikan konsultasi ke dokter. Hal ini demi mencegah terjadinya kesalahan diagnosa suatu penyakit. 

Tetapi jika masyarakat umum sekedar ingin mengetahui informasi mengenai obat-obatan atau membandingkan hasil tes kesehatan mereka dengan standar yang normal tidak masalah sepanjang tidak melakukan tindakan medis sendiri berdasarkan aplikasi ini. Walaupun belum ada dokter yang khusus menangani tanya jawab pada fitur forum di aplikasi ini, Buku Saku Dokter menyediakan daftar akun twitter para dokter yang bersedia untuk menjawab pertanyaan via twitter. 

Buku Saku Dokter ini mudah dipahami bagi pengguna bahasa Indonesia, tetapi sayangnya tidak disediakan fitur untuk mengubahnya ke bahasa yang lain. Konten dari aplikasi ini selalu diperbaharui secara berkala dengan sumber-sumber dari buku saku pelayanan kesehatan anak di rumah sakit, pedoman pengobatan dasar di Puskesmas, situs kursusekg-iii.blogspot.com, medicastore.com, dan referensi-referensi lain yang terkait dalam bidang medis. 

SPESIFIKASI 

Besar File
3,3 MB
Harga
Free
Ponsel
Android
Website

Keunggulan
  • Panduan untuk membandingkan hasil tes lab, radiologi dan ekg dengan nilai standar yang normal.
  • Mudah untuk mengakses daftar obat yang aman dan yang tidak aman untuk ibu hamil dan menyusui.
  • Panduan informasi kandungan obat-obatan beserta dengan dosisnya.
  • Forum untuk berinteraksi atau diskusi dengan member lain.
Kelemahan
  • Tidak dapat digunakan oleh masyarakat umum sebagai pengganti dokter.
  •  Menu konsultasi dengan dokter tidak ditangani dokter khusus yang terdedikasi untuk berkomunikasi melalui aplikasi ini, melainkan hanya berupa kumpulan akun twitter dokter yang melayani konsultasi via twitter.
  • Tampilan forum diskusi kurang user friendly, membingungkan untuk melihat runutan tanya jawab.
  • Hanya tersedia dalam bahasa Indonesia.