Suka Artikel Ini

Tips Merawat Laptop Agar Tetap Awet





Laptop memiliki beberapa komponen yang perlu dijaga dalam pemakaiannya, sehingga perawatan terhadap komponen-komponen laptop perlu dilakukan agar fungsinya tetap maksimal. Perawatan laptop menjadi sangat penting agar keberlangsungannya atau daya tahan laptop tetap baik. Dengan perawatan yang baik maka umur laptop pun akan semakin panjang. Perawatan ini tidak hanya berlaku untuk laptop baru, laptop lama juga harus mendapatkan perawatan dengan baik, meski terlambat tapi masih ada kesempatan untuk menyelamatkannya. 

Berikut beberapa tips yang perlu anda perhatikan untuk merawat laptop anda tetap awet. 

·         Lakukan Defragment Secara Berkala

Semakin banyak kita bekerja dengan menggunakan laptop, semakin banyak pula data yang tersimpan di dalam harddisk laptop. Oleh karena itu tidak mengherankan jika kinerja laptop akan berkurang. Akibatnya performa laptop menjadi kurang maksimaldan kerjanya lambat. 

Namun hal di atas masih bisa diminimalisir agar kinerja laptop tetap maksimal, yaitu dengan menggunakan aplikasi Defragment yang dilakukan secara berkala. Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut: Klik Start lalu pilih All Programs, kemudian pilih Accessories. Setelah itu pilih System Tools lalu klik aplikasi Tools Defragmenter.

·        Kurangi Tingkat Terang Cahaya LCD Laptop

Cara ini digunakan untuk menghemat pemakaian baterai. Dengan mengurangi pencahayaan pada laptop sesuai dengan batas minimal pencahayaan, baterai laptop akan lebih tahan lama ketika laptop digunakan dengan baterai atau tanpa dihubungkan dengan arus listrik. Berdasarkan pengalaman penulis, tingkat pencahayaan sebaiknya tidak melebihi Level 4 dari total skala 10. Dengan begitu kita dapat menghematv baterai antara 30% hingga 50%. Hemat bukan?

·    Hindari Pengisian Bterai Ketika Laptop Sedang Digunakan

Hal ini seringkali terjadi, bahkan mungkin pembaca juga pernah melakukannya. Mungkin ada maksud ketika kita melakukan hal tersebut, kita takut pekerjaan yang kita kerjakan menjadi tertunda saat baterai habis. Atau ketika kita menghubungkan laptop dengan sumber listrik dan tiba-tiba aliran listrik putus, maka pekerjaan yang kita kerjakan menjadi sia-sia karena tidak kita simpan terlebih dahulu. 

Penggunaan laptop saat pengisian baterai sebenarnya dapat mengurangi umur baterai dengan cepat, sehingga baterai menjadi cepat drop saat digunakan. Bahkan baterai dapat saja mati total seketika saat aliran listrik tiba-tiba padam. Itulah resiko yang harus diterima ketika kita menggunakan laptop saat melakukan pengisian baterai. Jadi sebaiknya gunakan laptop saat baterai sudah penuh sehingga tidak perlu dibarengi dengan pengisian baterai, atau lepas baterai laptop ketika ingin menghubungkan laptop dengan sumber listrik.

·        Pasang Pelindung 

Pelindung akan melindungi laptop dari kerusakan fisik. Pelindung laptop ini dapat berupa pelindung layar (screen protector), pelindung casing laptop (cover protector), dan pelindung keyboard (keyboard protector). Selain melindungi dari kerusakan fisik akibat goresan atau tumpahan cairan, pelindung juga akan memudahkan dalam pembersihan laptop dan mencegah laptop cepat kotor.

·        Gunakan Cooling Pad Bila Perlu

Cooling Pad berfungsi sebagai pelancar sirkulasi dalam mengeluarkan udara panas yang dihasilkan selama pemakaian laptop.

·        Matikan Aplikasi yang tidak Penting

Kebiasaan yang sering kita lakukan saat mengunakan laptop adalah secara bersamaan menjalankan aplikasi yang terlalu banyak dengan tujuan mempercepat pekerjaan. Padahal hal tersebut justru akan membuat kinerja laptop semakin lambat dan akan mengurangi daya tahan baterai. Jadi sebaiknya matikan aplikasi yang benar-benar tidak sedang digunakan agar kinerja laptop tetap maksimal dan daya tahan baterai tetap terjaga.

·        Hindari Pemakainan Hardware Berlebihan

Hal ini sering terjadi saat kita sedang bekerja menggunakan laptop. Terkadang banyak piranti eksternal yang terpasang pada laptop dan memakai daya pada USB laptop. Sebaiknya hindari pemakaian hardware atau piranti eksternal yang berlebihan pada laptop karena dapat mempengaruhi kekuatan/daya tahan baterai pada saat laptop digunakan. Pemakaian alat eksternal sebenarnya tidak terlalu berpengaruh besar terhadap laptop jika penggunaannya hanya satu saja. Namun bila pengunaannya banyak, maka baterai laptop akan cepat habis.




·        Hindarkan dari Medan Magnet yang Kuat

Jauhkan benda-benda yang mengandung medan magnet yang kuat, seperti speaker, handphone, dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk melindungi data yang ada di dalam harddisk.

·         Tambahkan RAM Bila Perlu 

Jika kita sering menggunakan program yang memakai daya memori yang cukup besar, sebaiknya tambah atau upgrade memory RAM yang kita gunakan agar kinerja laptop tetap maksimal. Jika pemakaian memory yang besar tetap dipaksakan pada memori RAM yang kecil, maka kerja laptop jadi tidak sesuai dengan spesifikasi program yang sedang digunakan, sehingga kinerja program menjadi tidak maksimal dan juga membuat pemakaian baterai laptop menjadi boros.

·        Hindari Memindah-mindahkan Laptop Ketika Masih Hidup

Laptop yang sedang hidup menandakan bahwa harddisk dalam laptop sedang bekerja. Apabila laptop sering digerak-gerakkan/dipindah-pindahkan akan menyebabkan head-harddisk pada laptop menggores cylinder, sehingga akan berakibat fatal. 

·        Bersihkan Baterai Laptop Secara Berkala 

Untuk menjaga keawetan baterai laptop sebaiknya cek baterai secara berkala dua hingga 4 kali dalam seminggu, dan lakukan pembersihan pada bagian lempengan tembaga dengan menggunakan bahan lembut. Jika laptop menggunakan baterai Lithium-Ion (Li-Ion), jangan pernah menggunakan laptop sampai baterainya benar-benar habis, karena dapat menyebabkan daya tahan baterai menjadi berkurang.

·         Pilih Hibernate, Jangan Sleep!

Sebaiknya gunakan mode Hibernate bila kita akan menggunakan laptop kembali dalam kurun waktu sekitar 3-4 jam kemudian, karena hal ini dapat menghemat penggunaan baterai dibandingkan bila menggunakan mode Sleep.

·         Jangan Menggunakan Laptop di Tempat Tidur, Karpet, Atau Bantal

Jangan menggunakan laptop di atas tempat tidur/bantal/karpet. Kenapa? Bila laptop digunakan di atas tempat-tempat tersebut akan menyebabkan suhu pada laptop menjadi tidak stabil karena ventilasi udara akan tertahan. Hal ini dapat menyebabkan laptop menjadi cepat rusak atau bahkan mati total bila sering dilakukan. Sebaiknya gunakan meja khusus untuk meletakkan laptop saat ingin digunakan.

·         Kurangi Beban CPU 

Aktivitas seperti melakukan pengolahan data atau membuka email tidak akan terlalu memakan daya pada CPU laptop jika dibandingkan dengan menjalankan aplikasi seperti games atau aplikasi multimedia. Menjalankan aplikasi seperti game atau multimedia tentunya akan menyebabkan daya pada CPU laptop cepat habis. Untuk itu pilihlah prioritas pemakaian dengan bijak. 

Demikian tips yang dapat saya berikan mengenai cara merawat laptop sesuai dengan pengalaman pribadi saya. Semoga bermanfaat untuk anda, kita bertemu lagi pada pembahasan selanjutnya. Wassalam.