Suka Artikel Ini

MERAWAT BATERAI LAPTOP

10 TIPS MERAWAT BATERAI LAPTOP 


Seringkali pengguna laptop mengeluhkan daya tahan baterai laptopnya yang cepat sekali nge-drop. Baru digunakan satu bulan sudah drop, padahal baterainya masih baru. Hal tersebut biasanya sering dialami oleh para pengguna baru. Umumnya hal ini terjadi dikarenakan perawatan baterai yang tidak diperhatikan dan selalu dikesampingkan. 

Pengguna seringkali terlihat menggunakan laptopnya terhubung dengan arus listrik, sementara baterainya tetap terpasang. Hal ini tentu jelas dapat mempercepat habisnya usia baterai atau cepat drop, sehingga berujung pada cepat habisnya daya tahan baterai tersebut. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang terjadi pada baterai laptop anda, berikut tips cara merawat baterai laptop yang perlu anda perhatikan: 
  1. Saat memulai melakukan pengisian baterai, khususnya baterai baru, jangan gunakan laptop terlebih dahulu sebelum benar-benar penuh. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengisian.  
  2. Jangan menggunakan baterai atau charger laptop yang tidak kompatibel dengan bawaannya. Karena jika tetap digunakan akan dapat mengakibatkan komponen laptop mengalami kerusakan. Bila ingin menggunakan baterai atau charger yang kompatibel, hubungi bagian layanan produsen laptop terkait.
  3. Jika laptop menggunakan baterai Nikel Metal Hydrida (Ni-Mh), sebaiknya kosongkan baterai sepenuhnya secara berkala antara dua minggu sampai satu bulan. Hal ini bertujuan untuk memulihkan sel-sel di dalam baterai. Jika pengguna menggunakan baterai Lithium-Ion (Li-Ion), sebaiknya jangan mengosongkan baterai sampai habis, karena hal ini berkaitan dengan daya tahan baterai.
  4. Jika pengguna berencana menyimpan laptop dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya lepaskan baterai laptop terlebih dahulu kemudian simpan dalam tempat yang sejuk dan kering.
  5. Hindari terjadinya kontak pada dudukan baterai yang longgar dengan berbagai jenis barang yang terbuat dari metal, seperti penjepit, klip, koin tipis, dan sebagainya.
  6. Cegah baterai atau laptop terjatuh, terbentur, atau terimpit. Hal itu dapat mempengaruhi baterai dan mengakibatkan sirkuit di dalam baterai menjadi rentan akan arus hubungan pendek (Korslet).
  7. Jangan menyimpan laptop di area yang terkena sinar matahari langsung atau berlebih, misalnya di dalam mobil yang terparkir cukup lama. Hal ini dapat menyebabkan baterai menjadi rentan dan mempengaruhi daya tahan baterai.
  8. Hindari baterai atau laptop terkena air, karena dapat mengakibatkan sirkuit di dalam baterai perlahan-lahan berkarat dan mengakibatkan baterai cepat habis.
  9. Apabila terpaksa harus menggunakan laptop pada saat pengisian baterai sudah mencapai maksimal (100%), segera lepaskan ateker/colokan charger  yang tertempel pada laptop meskipun setiap laptop sudah ditanamkan sistem otomatis pengalihan daya arus listrik saat pengisian telah selesai.
  10. Pastikan untuk memahami cara menggunakan pengisian baterai pada buku-buku manual yang tertulis dalam tiap-tiap merek laptop (buku panduan laptop) yang diberikan pada saat anda anda membeli laptop.
Demikian tips singkat mengenai Cara Merawat Baterai Laptop agar baterai laptop anda awet dan tahan lama. Sampa jumpa pada pembahasan berikutnya. Wassalam