Suka Artikel Ini

NFC

NFC (Near Field Communication)




NFC merupakan sebuah fasilitas baru yang belum banyak diadopsi oleh para vendor smartphone. Fasilitas ini memungkinkan pengguna melakukan pembayaran hanya dengan mendekatkan ponselnya kea lat pembayaran di gerai atau toko yang telah mendukung fasilitas ini. Dengan demikian, pengguna ponsel tidak perlu membawa banyak uang atau kartu kredit saat berbelanja. 

Cara kerja yang dimiliki sebenarnya sangat sederhana. Dalam ponsel, chip NFC akan menyimpan informasi kartu kredit yang telah disandikan (encrypted). Saat didekatkan ke sebuah penerima NFC, chip ini lalu akan mengirim sinyal berisi informasi kartu kredit, saldo kredit, dan lainnya). Penerima ini lalu akan menguraikan (decrypt) informasi ini dan melakukan validasi informasi dari kartu kredit (misalnya apakah saldo kartu masih mencukupi untuk melakukan pembayaran, atau apakah kartu kredit ini terblokir atau tidak). Jika hasil verifikasi tidak menunjukkan pesan kesalahan, transaksi akan dilanjutkan. 

Disebut near-field karena chip NFC hanya akan berfungsi optimal jika berada dalam jarak dekat (near-field) dengan penerima NFC. Tentu penerima tidak harus menempelkan ponselnya ke penerima NFC untuk memanfaatkan fasilitas ini. Dalam praktiknya, pengguna cukup mendekatkan ponselnya ke penerima dengan cara melambaikan ponsel. Diciptakan oleh NXP Semiconductors dan Sony, teknologi NFC ini telah makin popular di dunia ponsel dan diperkirakan akan menjadi fasilitas standar di setiap ponsel. 

Meskipun NFC baru diterapkan di dunia ponsel untuk melakukan pembayaran, teknologi ini sebenarnya bisa dipakai untuk keperluan lain. Misalnya perangkat yang dilengkapi chip NFC akan bisa membaca tag berbasis NFC yang ada di museum atau toko untuk mendapatkan informasi lebih jauh (atau untuk melihat tayangan video atau audio). Via NFC, pengguna juga dimungkinkan untuk bertukar nomor telepon, foto, lagu, aplikasi atau software, video, atau menghubungkan dua perangkat Bluetooth. 

Untuk mewadahi perkembangan NFC, saat ini telah terbentuk NFC Forum. Forum ini beranggotakan 140 vendor ponsel, operator seluler, perusahaan Web, serta vendor jasa keuangan, antara lain LG, Nokia, Huawei, HTC, Motorola, NEC, RIM, Samsung, Sony Ericsson, Toshiba, AT&T, Sprint, Rogers, SK, Google, Microsoft, PayPal, Visa, MasterCard, American Express, dan Intel. Kemungkinan besar masih banyak lagi perusahaan ataupun vendor yang akan bergabung mengingat potensi teknologi NFC yang akan berkembang pesat kedepan.