Suka Artikel Ini

HUAWEI U8860


Review Huawei 'Honor' U8860 



Via produk ini, Anda tidak perlu sering mengisi smartphone sebagaimana lazimnya perangkat berbasis Android.  

Aneka smartphone baru terus berdatangan, tentunya dengan spesifikasi yang lebih canggih juga. Sayangnya, ada satu hal yang tidak berubah, yakni baterainya yang terhitung boros. Nah, Huawei U8860 atau dikenal juga sebagai Huawei Honor, mengklaim dirinya mampu bertahan lebih lama dari smartphone sekelasnya. 

Tampang Huawei U8860 ini sekilas mengingatkan kita pada LG Optimus Black yang pernah kami uji beberapa waktu lalu. Bagian muka yang seluruhnya mengilap ini juga terbilang ramah dengan sidik jari yang setelah penggunaan selang beberapa waktu membuat Anda harus membersihkannya agar enak dilihat kembali. Bagusnya, bagian belakangnya dirancang bertekstur untuk membantu memantapkan pegangan ketika digunakan. 

Honor memiliki layar sebesar 4 inci dengan resolusi 854x480 yang berarti aspect ratio-nya adalah 16:9. Meski tidak terlalu berpengaruh pada aplikasi, smartphone Android dengan resolusi seperti ini tidaklah banyak. Salah satu yang menggunakan level resolusi serupa adalah Sony Ericsson dengan beberapa jajaran Xperia-nya. Keuntungannya, bagi Anda yang gemar menonton, video Anda akan tampil penuh tanpa ada blackbar di pinggiran atas dan bawah video tersebut. 

Smartphone ini menggunakan Qualcomm MSM8255T 1,4 GHz yang bertugas menangani semua  aktivitas Android Gingerbread 2.3.6. Huawei juga melakukan perombakan besar dari sisi kosmetik sistem antarmukanya. UI-nya tersebut bisa disejajarkan dengan custom UI seperti TouchWiz milik Samsung atau Sense-nya HTC. Bagusnya, menurut kabar yang beredar, Huawei sedang mempersiapkan versi Android terbaru yakni IceCream-Sandwich untuk Honor. 

Selain kustomisasi UI, Huawei juga memiliki beberapa aplikasi menarik yang ditanamkan di U8860 seperti Stream. Aplikasi ini mengintegrasikan jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook ke dalam daftar kontak yang ada. Anda bisa mendaftarkan akun jejaring sosial Anda pada Huawei Social Hub di Accounts&Sync yang berada di bagian Settings. Sayang, meskipun menarik, kemampuan jejaring sosialnya cukup terbatas sehingga Anda tetap harus meng-install aplikasi mandiri jika ingin lebih nyaman ber-Twitter-an

Huawei Honor dibekali baterai berkapasitas besar, 1.930 mAh. Kapasitas sebesar ini cukup jarang ditemui terutama untuk smartphone Android. Kami pun mengujinya dengan penggunaan normal sehari-hari. Kami melakukan aktivitas internet sepeti browsing, mengecek email, serta mengakses jejaring sosial via Wi-Fi dan jaringan operator. Kemudian kami juga bermain game sekitar setengah jam, dan aktivitas standar lain seperti SMS dan telepon. Hasilnya, kami berhasil melewati satu hari tanpa perlu melakukan isi ulang dan status baterai menunjukkan angka 12%. Cukup impresif. 

Huawei membuktikan bahwa smartphone yang memiliki kinerja baik juga bisa memiliki daya tahan baterai yang baik pula. Kesan ini ditunjukkan oleh Honor U8860 yang terbukti memang lebih awet dibandingkan smartphone lain di kelasnya.

 Spesifikasi

Prosesor
Qualcomm MSM 8255T 1,4 GHz
RAM
512 MB
Kartu Grafis
Adreno 205 Internal
Internal Storage
1 GB (880 MB tersedia)
Wireless
802.11b/g/n WLAN, Bluetooth 2.1, GPS
Kamera
Belakang : 8 Megapiksel; Depan : 2 Megapiksel
Lain – Lain
DLNA, Fast Boot, Huawei Launcher
Layar
4” 480x854 piksel
Bobot
134 gram
Sistem Operasi
Android 2.3.6
Garansi
1 Tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp 1.900.000