Suka Artikel Ini

Flashdisk Tidak Terdeteksi di Laptop

Permasalahan flashdisk yang tidak terdeteksi di laptop atau computer mungkin sering sekali terjadi dan pernah dialami oleh semua orang. Namun anda tak perlu risau jika hal itu terjadi pada anda saat ini. Jika anda menemui masalah tersebut, ikuti langkah-langkah berikut ini:

 
  1. Periksa flashdisk di laptop yang lain apakah masih bekerja atau tidak. Jika tidak bekerja, berarti kerusakan ada pada flash disk tersebut.  
  2. Jika flashdisk tersebut bekerja dengan baik pada laptop lain, berarti yang bermasalah adalah konfigurasi laptop yang bersangkutan. 
  3. Jika kejadian ini yang terjadi, silahkan coba ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengatasinya:

  •  Jika anda menggunakan flashdisk dengan perpanjangan kabel, periksa apakah kabel yang digunakan cocok kecepatannya dengan flashdisk tersebut, gunakan kabel USB 2.0 untuk flashdisk USB 2.0 dan sebaliknya USB 1.1 dengan kabel USB 1.1
  •  Jika cara diatas belum berhasil, lanjutkan dengan membuka Device Manager dan lihat di bawah kelompok USB serial Bus Controller. Jika terdapat tanda peringatan berwarna kuning pada sebuah contoh “USB Mass Storage Device" double klik pada yang bersangkutan jika terdapat pesan seperti ini:
          "This Device Cannot Start. (Code 10)"
  • Cara termudah untuk menyelesaikan masalah “USB error code 10" adalah dengan menginstal ulang semua driver USB Controller.
  •  Masuk ke Device Manager. Pilih Universal Serial Bus Controller, kemudian klik Uninstall untuk membuangnya satu per satu.
  • Restartlaptop, kemudian biarkan laptop untuk menginstall ulang driver USB Controller.
  • Coba pasang kembali flashdisk.
Jika masalah seperti ini masih terjadi, Anda bisa langsung menghubungi teknisi yang ada di sekitar temap tinggal anda untuk membantu mengatasi masalah ini. Semoga masalahnya dapat segera terselesaikan.