Suka Artikel Ini

Bahaya Hotspot Area


Hati-hati "Berteman" dengan WIFI

Ketenaran hotspot atau WIFI telah terbukti di kalangan pebisnis, wisatawan, maupun taveller. Hingga saat ini, akses internet nirkable ini sudah digunakan oleh lebih dari 700 juta orang (hingga September 2011 lalu), dengan lebih dari 4 juta tempat hotspots di seluruh dunia. Sementara itu, WIFI router untuk hotspot diproduksi sebanyak 800 juta unit per tahunnya. 

Berdasarkan temuan Global Research Project yang dilansir oleh Online Security Brand Tracker yang disampaikan oleh InSites Consulting (April-May 2011) dan analisis dari United Cunsultants, hampir separuh dari pengguna internet di dunia menggunakan koneksi nirkabel. Notebook menjadi perangkat yang paling popular (41%), diikuti oleh netbook (3%), smartphones (2%), dan computer tablet (1%). 

Saat berada di airport, orang-orang seringkali akan meluangkan waktu  dengan mengakses WiFi menggunakan laptop saat menunggu jadwal penerbangan. "Apa yang tidak diketahui pengguna WiFi adalah resiko keamanan dari data terutama yang terkait dengan lalu lintas yang terjadi saat memulai akses. Login credentials dan lalu lintas yang terjadi di dalam network akan terendus bahkan sebelum sebuah email terkirim melalui koneksi WiFi hotspot, begitulah umumnya modus pencurian data di dalam jaringan, tanpa terdeteksi," jelas Cameroon Camp (Malware Researcher ESET). 

Terkait dengan keamanan WiFi, ESET Smart Security 5 bakal menjadi versi "pengaman" teranyar bagi para user saat melakukan koneksi WiFi. Produk generasi terbaru ESET ini mengkategorikan koneksi WiFi pada level keamanan maksimum. Yudhi Kukuh ( Technical Director PT. Prosperita-ESET Indonesia) menyerukan agar pengguna internet waspada ketika melakukan pembelanjaan online. 

"Pastikan web address diawali dengan 'https' bukan 'http', artinya lalu lintas data yang menggunakan alamat web tersebut akan dienkripsi. Jadi yang perlu digarisbawahi adalah kemudahan jangan dijadikan sebagai acuan utama jika berada di wilayah public dengan fasilitas hotspot. Selalu gunakan modus peringatan dini dan perhatikan bentuk peringatan apapun yang diberikan." Jelas Yudhi. 

Satu hal yang sangat diwaspadai adalah ketika ada jaringan hotspot dengan nama yang tidak dikenal atau nama yang mirip dengan jaringan resmi. Tingkatkan kewaspadaan saat berada di dalam jaringan hotspot yang tidak aman, terutama akses yang tidak membutuhkan password.