Suka Artikel Ini

Samsung Galaxy Note

Mampukah menggantikan ponsel dan tablet? 

Lihatlah dimensi perangkat ini. Apakah ini Smartphone, ataukah Tablet? Ini model pertama dari kategori perangkat baru yang mengambil posisi di antara tablet dan smartphone. Tanpa maksud meng-kritik Samsung, ponsel ini memang cukup besar. 

Galaxy Note memiliki layar 5.3 inci dan panjang 14.6 cm. dibandingkan dengan Apple iPhone 4S yang layarnya berukuran 3.5 inci dan tinggi 11.5 inci, Galaxy Note terbilang monster. Meski demikian, perangkat ini ramping, ringan, dan dirancang dengan apik. 

Bukan hanya memiliki penampilan yang besar dan manis, Note juga dilengkapi dengan Stylus yang bisa dilepas. Samsung menyebut stylus ini dengan S Pen. Layar sentuhnya bukan hanya untuk jari, tapi anda juga bisa menuliskan catatan pada layarnya dengan S Pen, dan hebatnya berfungsi akurat.  

Dengan Android 2.3, mengelola Note dengan aplikasi dan widget di dalamnya terasa tak asing lagi, tapi tentunya dengan ruang yang jauh lebih besar. Layar AMOLED 1200 × 800 pixel-nya tampak kaya warna, tajam dan detail. Sementara prosesor dual-core 1.4 GHz membuat peng-operasian melalui tujuh home screen yang tersedia menjadi pengalaman yang menyenangkan dan cepat. 

Performa Tinggi  

Note menggunakan DLNA Wireless Streaming  dalam bentuk Samsung AllShare yang sanggup mengendus perangkat nirkabel tanpa masalah, dan men-sinkronisasikan konten pribadi secara nirkabel menggunakan aplikasi Samsung Kies. Layarnya tidak terlalu jauh lebih besar daripada yang dimiliki smartphone Android. Layarnya tajam dan detail, dengan tingkat kekontrasan yang bagus, warna hitam kuat, dan war-warna lain yang terlihat jernih. 

Kemampuan sonic-nya sedikit kurang memuaskan dengan suara yang bersih dan dan musical, juga pengungkapan detail kurang dibandingkan dengan Apple iPhone 4S. Namun, Radio FM yang dimilikinya perlu dicatat. Dengan antar muka yang cerdas dan sederhana, menemukan stasiun radio yang diinginkan bisa dilakukan dengan mudah, suaranya jernih, dan pengguna juga bisa merekan ke kartu microSD hanya dengan satu sentuhan pada tombol yang disediakan. Rekaman ini juga bisa disimpan ke dalam memori internal. 

Note sangat menyenangkan ketika dipakai. Baterai berdaya tahan rata-rata habis setelah digunakan seharian. Tapi posisinya memang berada di antara dua perangkat, smartphone dan tablet. Note terasa terlalu besar sebagai smartphone utama, dan layar yang lebih besar bisa didapatkan dari tablet. Tapi perangkat ini mengerahkan semua potensi yang dimilikinya dengan sangat menyenangkan. 

Selama mencoba. 

SPESIFIKASI

Prosesor        
Dual-core 1.4 GHz ARM Cortex-A9
Memori
1 GB
Ruang simpan internal         
16 GB
Konektivitas  
MicroUSB
Jaringan
GSM 850/900/1800/1900, HSDPA
Ukuran Layar                        
5.3 inci AMOLED
Kamera          
8.1 MP
Dimensi
146.9 × 83 × 9.7 mm
Bobot
178 gram
Baterai           
Lithium-ion
Sistem Operasi          
Android 2.3.5
Ekspansi
MicroSD
RAM               
1 GB
Grafis
Terintergasi
Tipe Layar
LCD Kapasitif
Resolusi Layar           
1280 × 800