Suka Artikel Ini

Laptop Overheat

Laptop mengalami panas berlebihan biasanya terjadi karena pemakaian yang terlalu lama, apalagi baterai yang sudah penuh masih di-charge terus. Selain itu, permasalahan ini terjadi dari type komponen laptop itu sendiri, sehingga sering terjadi insiden laptop meledak karena Overheat (panas berlebih). Tentunya kejadian ini membuat para pengguna laptop yang lain turut ketar-ketir. Berikut beberapa kiat mudah mudah yang perlu diperhatikan agar laptop anda tidak mengalami overheat.
  1. Bersihkan sistem ventilasi pada laptop dengan kompresor. 
  2. Hindari meletakkan laptop di atas selimut, kain wool, atau permukaan lembut lainnya yang dapat menghalangi angin dan pertukaran udara.
  3. Selalu letakkan laptop di permukaan yang keras dan rata.
  4. Matikan laptop sebelum memasukkannya ke dalam tas. Jangan meletakkan laptop yang sedang beroperasi di tempat yang sempit, ini dapat mengakibatkan peningkatan panas pada laptop yang dapat mengakibatkan kerusakan.
  5. Install software monitoring, seperti SpeedFan, yang memungkinkan anda untuk mengawasi dan memantau suhu prosesor, hard drive, dan komponen lainnya.
  6. Atur setting power untuk mencegah panas berlebihan pada komponen, seperti layar dan hard drive.
  7. Turunkan power secepatnya jika memang tidak dibutuhkan.
  8.  Anda juga bisa menggunakan pendingin laptop yang dapat mencegah panas berlebih.
  9. Jika laptop anda berpotensi mengalami overheat dan masih dalam mas garansi, jangan ragu untuk melaporkan keluhan anda tersebut.
  10. Jika anda berencana membeli laptop baru, teliti terlebih dahulu  dengan seksama. Cari informasi tentang laptop model dan merk apa yang sering overheat, sehingga anda tidak menyesal nantinya.  
Demikian beberapa kiat dan tips untuk mengatasi laptop yang mengalami Overheat (panas berlebih). Semoga bermanfaat. J