Suka Artikel Ini

BlackBerry PlayBook

Tablet dengan OS Blackberry

Seperti halnya iPad 2 dan HP TouchPad, BlackBerry PlayBook 7 inci memiliki sistem operasi (OS) individualnya sendiri tanpa menggunakan Android-nya Google. Ini bukanlah bukti langkah yang revolusioner, melainkan lebih kepada keputusan untuk memilih orientasi OS-nya sendiri seperti halnya Web OS-nya HP. 

Browser-nya mendukung Adobe Flash dan bekerja dengan cukup baik-menjalankan BBC iPlayer khususnya, merupakan pengalaman yang menyenangkan dan kinerjanya lancar di browser. PlayBook kompatibel dengan format video yang banyak dipakai, termasuk MPEG4, WMV, dan H.264, tapi tidak ada toko video. Solusinya, anda bisa men-stream film dari web. 

Kualitas speaker-nya bukanlah yang terbaik. Video HD memang terlihat bagus di pengujian kami, tapi beberapa konten yang kami unduh menghasilkan reproduksi suara yang mengecewakan. Perangkat dual-core ini juga dibekali dengan port HDMI-out, jadi ketika dihubungkan ke TV atau monitor yang kompatibel memakai sebuah kabel micro-HDMI, PlayBook anda akan dipelototi di layar yang lebih besar. Hasilnya memuaskan-memutar konten TV Streaming dan film berjalan mulus via HDMI, tidak seperti pada Motorola Xoom yang pernah kami coba dan sempat bermasalah. 

Kekurangan utama PlayBook sebenarnya sama sekali tidak ada kaitannya dengan kapabilitas multimedia; salah satunya adalah, ada tablet yang ukuran layarnya lebih besar dengan harga yang jual yang sama (seperti iPad 2) dan kedua,  tidak ada banyak aplikasi tersedia untuk perangkat ini. Anda juga perlu memiliki smartphone BlackBerry jika ingin mengakses email dan kontak di PlayBook. Jadi kecuali anda seorang yang fanatic dengan BlackBerry, kedahsyatan fitur multimedia PlayBook sekalipun tidak akan mampu menjadikannya sebagai pilihan yang ideal. 

SPESIFIKASI

Fitur Utama
OS BlacBerry QNX Tablet OS
Prosesor        
Dual-Core TI OMAP 1GHz
Ukuran Layar
7 inci
Ruang Simpan           
16 GB (32 dan 64 GB juga tersedia)
HDMI Out      
Yes
Dimensi                      
194 × 130 × 10mm
Bobot            
425 kg