Suka Artikel Ini

BLACKBERRY BOLD 9790

Seri Bold tertipis dengan kombinasi touchscreen dan QWERTY 

RIM bergerak cepat di penghujung tahun 2011 dengan mengeluarkan dua smartphone Blackberry seri Bold. Seri Bold sebelumnya (Bold 9900 dan seri terbaerunya yaitu 9790). Dari tipenya, kita dapat menebak bahwa smartphone baru dari RIM ditujukan untuk meneruskan kejayaan dua pendahulunya. Bold 9790 (Onyx 1) dan Bold 9780 (Onyx 2). Untuk itu, tak heran apabila Bold 9790 ini mendapat nama Onyx 3, selain nama Bellagio tentunya. 

Menurut kebanyakan orang, bentuk fisik pada seri baru Blackberry terlihat biasa-biasa saja. Tidak ada perubahan yang berarti sehingga pertanyaan banyak orang adalah apakah perlu mengganti Blackberry lama mereka dengan yang baru. 

Dibandingkan dengan Bold 9700 dan 9780, peningkatan yang sangat jelas terlihat dari pada Bold 9790 adalah dari segi hardware dan software. Meski masih dibawah Bold 9900, prosesor pada Bold 9790 sudah tergolong tinggi, yakni 1 GHz. Jika anda membuka beberapa aplikasi secara bersamaan, ponsel tersbut akan lebih cepat dibandingkan dengan seri Blacberry sebelumnya. Begitu pula jika anda meng-in stall beragam aplikasi baru, proses tersebut tidak akan mengganggu aplikasi lainnya yang sedang berjalan karena pada Bold 9790 sudah tertanam memori (RAM) sebesar 768 MB. 

Bagi anda yang suka mendengarkan music, rasanya slot microSD pada smartphone ini tidak begitu diperlukan lagi berkat tersedianya internal storage sebesar 8 GB. Ditambah dengan kemampuannya memutar file music berformat FLAC, kapasitas tersebut akan sangat bermanfaat. Sayangnya, resolusi layar yang dimiliki tidak mengalami peningkatan. Bold 9790 memiliki layar 2.45 inci dengan resolusi 480×360 pixel. Meski begitu, ternyata layar pada Bold 9790 memiliki teknologi touchscreen multitouch. Ya, anda dapat menggabungkan fungsi keyboard QWERTY dan layar sentuh untuk mempermudah saat menggunakannya. Namun, Bold 9790 tidak memiliki feature on-screen keyboard.
Tak hanya hardware saja, software pada smartphone ini juga  sudah menggunakan Blackberry OS 7 yang memiliki responsivitas tinggi. Pada saat membeli, anda dapat men-download beberapa aplikasi tambahan secara gratis yang khusus diperuntukkan bagi pengguna Blackberry. 

Serupa tapi tak sama, kalimat ini cocok diperuntukkan bagi kamera pada Bold 9780, 9790, dan 9900. Yang serupa tentunya adalah resolusi kamera yang dimiliki. Ketiganya dipersenjatai dengan kamera yang beresolusi 5 MP. Yang membuatnya berbeda terletak pada sisi feature-nya. Bold 9790 mungkin bisa menjadi terbaik karena memiliki feature yang paling lengkap dibanding dua seri lainnya dengan adanya autofocus, flash, serta face detection. Namun sayangnya, lagi-lagi Bold terbaru ini hanya ditunjang baterai berkapasitas 1230 mAH demi mendapatkan desain yang tipis. Untuk itu, saya menyarankan agar anda selalu membawa charger ketika bepergian karena setidaknya anda harus mengisi baterai dua kali sehari.