Suka Artikel Ini

ASUS Desktop CM6630-ID2AB

ASUS Desktop CM6630-ID2AB

Tampilan Minimalis dan Irit 

CM6630 minimalis baik dari sisi desain tampilan maupun feature. Namun dengan penggunaan prosesor terkini dan kemudahan upgrade, produk ini bisa menjadi pilihan utama bagi yang mementingkan kualitas. 

Meski saat ini PC All-in-One sedang marak, Asus tetap optimis menghadirkan PC Desktop yang memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya yaitu kemudahan upgrade serta harga yang lebih terjangkau. hal inilah yang membuat pemasaran PC Desktop masih terbuka lebar. 

ASUS Desktop CM6630-ID2AB memiliki desain sederhana. Tampilannya juga bisa dibilang biasa, tidak terdapat sesuatu yang menonjol, kecuali bagian depan yang berdesain glossy serta adanya panel depan yang menyediakan koneksi untuk data dan audio. Sebagai "pemanis", Asus memang menempatkan beberapa port pada bagian depan. Di sini ditempatkan card reader 16-in-1 untuk memudahkan transfer data secara langsung via kartu memori. Lalu terdapat 4 port memori USB 2.0 dan port untuk audio (untuk headphone atau microphone). 

Bersenjatakan prosesor Intel Core i5-2310, CM6630 menggunakan motherboard Intel H61 yang sudah mendukung prosesor Intel generasi kedua. Jadi anda bisa melakukan upgrade nantinya. Sementara sisi grafisnya mengandalkan kartu grafis NVidia GeForce GT530 yang mampu menangani aplikasi multimedia definisi tinggi dengan resolusi tinggi. Ini berkat dipakainya memori 1 GB. Perlu dicatat bahwa chipset Intel H61 sebenarnya sudah memiliki grafis onboard. Namun agar lebih mumpuni menangani aplikasi multimedia, digunakanlah grafis mandiri tadi. 

Jadi anda memiliki dua pilihan, anda bisa menggunakan grafis onboard jika merasa cukup dan jika ingin lebih menghemat penggunaan listrik. Media simpan juga menjadi pertimbangan penting mengingat konten definisi tinggi memiliki ukuran yang besar kapasitas-nya, sehingga disediakan hard disk berukuran 1 TB. 

Selain ingin menampilkan kemampuan multimedia-nya, Asus juga ingin mengedepankan penggunaan daya yang irit. Pertama yang ingin saya bahas adalah penggunaan power supply yang menggunakan daya maksimal hanya sampai 300 watt. Lalu digunakannya motherboard ASUS ber-chipset Intel H61 yang juga terkenal dengan penggunaan daya yang rendah. Motherboard ini juga mengadopsi teknologi EPU untuk penggunaan daya yang rendah serta ramah lingkungan. Begitu pula dengan kartu grafis yang tidak menggunakan konektor daya tambahan. 

Sebagai PC Desktop, Asus CM6630 sudah cukup mumpuni untuk aplikasi terkini serta multimedia berdefinisi tinggi. Dengan feature dan desain dan desain sederhana Asus ingin membidik pengguna rumahan yang membutuhkan computer dengan kemampuan memadai namun tetap irit. Pada paketnya, sudah tersedia monitor LCD LED wide screen tipe VH197D berukuran 18.5 inchi

Bagaimana dengan kinerjanya? Bersenjatakan prosesor Intel Core i5-2310 yang disandingkan dengan memori  DDR3 4 GB dan kartu grafis mandiri, Asus CM6630 ini memang sanggup menjalankan aplikasi terkini. Apalagi prosesor ini berjenis Quad Core sehingga ingin menjalani aplikasi multi-tasking bukan menjadi masalah besar.