Suka Artikel Ini

Aplikasi Berguna untuk Blackberry

Meskipun fasilitas handset Blackberry sudah tergolong lengkap, bukan berarti kita tidak bisa menambahkan fungsionalitas perangkat ini. Dengan aneka perangkat lunak yang tepat, kita bisa menambahkan aneka fungsi dan kemampuan baru bagi handset Blackberry ini

Penambahan fungsi semacam ini bukan berarti menambahkan perangkat baru ke handset anda. Yang perlu dilakukan hanyalah melakukan instalasi perangkat lunak tertentu, melakukan setting atau konfigurasi singkat dan alhasil handset Blackberry anda sudah bisa melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak bisa dilakukannya. Jika tidak suka dengan fungsionalitas baru ini, kita tinggal menghapus perangkat lunaknya. Handset Blackberry pun lalu akan kembali ke kondisi semula seperti sebelum dipasangi perangkat lunak tersebut. Semua begitu mudah dan praktis. 

Penasaran dengan aneka perangkat lunak apa saja yang bisa dipakai meningkatkan kemampuan Blackberry? Silahkan simak aneka aplikasi tersebut berikut ini.

Flashlight 2 for 1 Free

Seperti tercermin dalam namanya, aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengubah handset Blackberry menjadi sebuah senter berguna. Ini khususnya akan sangat bermanfaat saat anda berada di tempat gelap, misalnya halaman parkir atau saat sedang mengalami mobil mogok. Dengan aplikasi ini, Blackberry anda akan mendayagunakan lampu LED di belakang atau depan (sesuai dengan spesifikasinya) untuk memancarkan cahaya. Cahaya ini dapat dipakai untuk menerangi obyek yang diinginkan selama jangka waktu tertentu.

Jika handset Blacberry tidak dilengkapi dengan lampu LED belakang, aplikasi ini hanya akan menampilkan menu untuk menyalakan LED dibagian depan (LED indicator panggilan masuk serta backlight layar). Namun, jika handset Blackberry anda memiliki LED belakang, pilihan untuk menyalakan LED belakang ini akan tampil juga dalam menu handset Blackberry. 

Tentu saja dibandingkan LED belakang, LED depan dan backlight ini tentu lebih redup. Karena itu, LED depan hanya cocok untuk penerangan sesaat yang tidak menyilaukan seperti di bioskop, konser orchestra, atau pementasan drama. Sementara LED bagian belakang yang lebih terang (dipakai untuk menerangi obyek foto atau video) cocok untuk keperluan penerangan misalnya saat perbaikan darurat mesin mobil atau motor di malam hari, pencarian kunci atau benda kecil yang terjatuh di tempat yang gelap, atau untuk keperluan lain. 

Aplikasi ini bisa dipasang secara gratis tanpa harus membayar sepeser pun. Ukurannya pun hanya sekitar 106 KB sehingga tidak akan membebani memori internal handset Blackberry.  

CamCard Free (Bussiness Card Reader) 1.3.649

Aplikasi ini dapat dipakai untuk melakukan penyimpanan kartu nama secara cepat. Anda tinggal melakukan scanning kartu nama yang diinginkan. Selain itu, aplikasi ini akan mencoba melakukan pemindaian semua teks yang ada dalam kartu nama tersebut. Setelah selesai, hasil pindaian akan ditampilkan. Di sini, kita bisa mengkonfirmasi apakah hasil pindaian tersebut sudah sesuai dengan rincian yang tertera di kartu nama atau belum. Jika belum, kita bisa mengubah atau menyunting hasil pindaian agar hasilnya bisa sama dengan rincian kartu nama. Namun, jika sudah sama dengan rincian di kartu nama, kita bisa menyimpan rincian ini di buku alamat. 

Namun demikian, agar aplikasi ini bisa berjalan dengan lancar, ada baiknya aplikasi ini dipasang di handset Blackberry dengan kamera yang dilengkapi dengan focus otomatis (autofocus). Ini karena pemotretan atau pemindaian kartu nama dilakukan dalam jarak dekat (menggunakan fungsi makro pada kamera). Jika lensa kamera Blackbery anda tidak dilengkapi dengan fungsi focus otomatis, hasil pindaian biasanya akan kurang akurat (banyak terjadi kesalahan). Akibatnya anda harus melakukan banyak perbaikan terhadap hasil pindaian. 

Sebagai tambahan, anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dalam modus trial. Namun, modus ini hanya bisa dipakai untuk melakukan pemindaian kartu nama sebanyak sekali saja dalam sehari. Jika ingin memindai lebih dari satu kartu nama dalam sehari, anda harus membayar sebesar US$9.99 ke pembuatnya untuk mendapatkan lisensi. 

DearDiary

Bagi beberapa orang, menulis pengalaman hariannya dalam sebuah buku merupakan kewajiban yng tidak bisa ditinggalkan. Bagi merekalah aplikasi DearDiary ini hadir. Dengan menggunakan aplikasi ini, menulis pengalaman harian kini bisa dilakukan di handset Blackberry dengan praktis dan mudah. Mereka pun bisa menulis apapun yang mereka rasakan dalam aplikasi ini. 

Untuk melindungi privasi pemiliknya, aplikasi ini dilengkapi dengan password. Dengan demikian, isi buku harian ini akan aman terlindung dari ancaman para pengintip. Dari sisi penjelajahan isi, pengguna harian ini juga bisa melihat isi buku hariannya berdasarkan tanggal. Dengan demikian, mereka bisa melihat dengan cepat suatu tanggal tertentu sesuai dengan keinginan mereka. 

Fixmo Tools

Seperti tercermin dalam namanya, aplikasi ini merupakan perkakas berguna bagi handset Blackberry anda. Di dalam aplikasi ini, terdapat beberapa aplikasi lagi yang bisa dipakai untuk menjalankan beberapa tugas. Aneka aplikasi yang ada dalam software ini antara lain Undelete (mengembalikan aneka e-mail, pesan BBM, kalender, daftar tugas, serta memo yang telah dihapus), WiFi File Transfer (melakukan file transfer ke PC via sambungan WiFi), Memo (untuk menyimpan catatan ringkas ke Homescreen Blackberry), WiFi Media Backup (melakukan backup data via sambungan WiFi), serta SMS Recovery (memungkinkan kita untuk menyimpan SMS ke inbox dalam e-mail kita). 

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan aplikasi lain  seperti Speedtest (untuk mengukur kinerja bandwith koneksi operator yang dipakai), Multi Clipboard (menyimpan beberapa clip board sekaligus untuk kepentingan tertentu), Forward reply with Edit (melakukan forward sebuah e-mail dengan kemampuan penyuntingan sebelum mengirim e-mail tersebut), serta Call Indicator (memungkinkan kita menetapkan warna lampu indicator LED sesuai dengan identitas penelepon). Dengan segala kemampuan ini, tidak mengherankan jika Fixmo Tools mengenakan biaya US$7.99 agar bisa dipakai dalam handset Blackberry. 

Beam Explorer 

Mengalami kerepotan saat akan menyalin atau menghapus beberapa file sekaligus dalam Blackberry? Jika ya, barangkali sudah saatnya anda memasang aplikasi BeamExplorer. Dengan aplikasi ini, anda akan bisa melakukan pemilihan beberapa file secara mudah layaknya dalam PC untuk  kemudian melakukan penyalinan atau penghapusan dengan cepat. Langkah ini dapat dicapai dengan menekan dan menahan tombol Shift + A lalu melakukan scrolling menggunakan trackpad atau trackball. 

Selain itu, BeamExplorer juga bisa membuka sebuah file Adobe Acrobat secara cepat (jika di dalam perangkat tersebut terpasang BeamReader). Dengan demikian, mengelola aneka file dalam perangkat Blackberry ini akan bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. 

Call Box 

Jika anda telah memiliki anak, tentu anak anda akan seringkali memainkan handset Blackberry anda. Secara tidak sengaja, seringkali anak anda ini akan menelepon ke banyak nomor dalam buku alamat. Untuk mencegah hal ini, ada baiknya jika anda memasang aplikasi Call Box

Dengan aplikasi ini, semua aplikasi dalam handset anda akan dilindungi oleh password. Siapa pun tidak akan bisa mengakses nama dalam buku telepon tanpa memasukkan password yang ditentukan. Ini akan membuat anak anda tidak akan bisa lagi menelepon sesuai nomor secara tidak sengaja. Bagusnya lagi, aplikasi ini hanya berukuran 25 KB dan gratis.